Suasana Haru Warnai Prosesi Pemakaman Tjahjo Kumolo, Dari UEA Presiden Jokowi Ucap Belasungkawa

  • Bagikan
PEMAKAMAN. Proses pemakaman MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7). (FOTO: Muhammad Ridwan/JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Jenazah Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7) petang sekira pukul 16.30 WIB.

Suasana haru mewarnai prosesi pemakaman politikus PDI Perjuangan itu. Keluarga dan kerabat serta kader PDI Perjuangan tampak hadir dalam prosesi pemakaman tersebut.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang menjadi inspektur upacara menyatakan, pihaknya menghantarkan jenazah almarhum Tjahjo Kumolo ke pangkuan ibu pertiwi. Menurut Pratikno, Tjahjo meninggal dunia karena sakit saat menjabat sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Tjahjo Kumolo jabatan MenPAN-RB RI, yang telah meninggal dunia karena kepentingan bangsa,” kata Pratikno.

Tjahjo Kumolo menghembuskan napas terakhir Jumat (1/7) siang sekira pukul 11.01 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Pratikno mendoakan, agar amal baik Tjahjo Kumolo semasa hidup diterima Tuhan Yang Maha Esa. “Semoga dharma bhakti yang ditempuhnya, arwahnya mendapat tempat disisinya di alam baka,” pungkas Pratikno.

Dalam prosesi pemakaman ini, sejumlah pejabat publik juga terpantau hadir di TMP Kalibata, seperti Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto dan Anggota DPR RI, Effendi Simbolon. Hadir pula Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Menkominfo, Johnny G. Plate.

Presiden Berbelasungkawa

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini tengah berada di Uni Emirat Arab (UEA), usai melawat ke Jerman, Ukraina, dan Rusia, menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Menurut Presiden Jokowi, Tjahjo merupakan tokoh bangsa yang telah mengabdi untuk negaranya sebagai MenPAN-RB. “Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah,” kata Presiden Jokowi sebagaimana dikutip JawaPos.com dari akun instagramnya, Jumat (1/7).

Jokowi menuturkan, Tjahjo semasa hidupnya merupakan tokoh yang baik. Tak heran, Tjahjo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan MenPAN-RB selama masa pemerintahan Jokowi.

“Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpeluang pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” ucap Jokowi.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi kini sedang berada di Abu Dhabi, UEA, untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

“Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” ucap Presiden. (jpc/jpg)

  • Bagikan