Pemkab Sabu Raijua Minta Pangdam IX/Udayana Bangun Kodim

  • Bagikan
KUNKER KE SABU. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, didampingi Danrem 161/WS Kupang, Brigjen TNI Iman Budiman, Dandim 1604 Kupang, Letkol Inf. Muhammad Iqbal Lubis disambut Wabup Sabu Raijua Yohanes Kalle Uly dan Sekda Septenius Bule Logo serta Forkopimda saat kunker ke Sabu Raijua, Selasa (5/7). (FOTO: Kominfo Sarai for TIMEX)

SEBA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Keberadaan Komando Distrik Militer (Kodim) mutlak diperlukan, terutama di daerah terluar seperti Kabupaten Sabu Raijua. Ini guna menjaga eksistensi kedaulatan NKRI.

Adapun Pulau Ndana, yang merupakan salah satu pulau di Kabupaten Sabu Raijua berada di daerah perbatasan RI-Australia. Pulau yang luasnya lebih kurang 18 Km2 itu hanya dihuni dan dijaga oleh Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter) dari Prajurit TNI AD dan AL.

Karena pentingnya keberadaan Kodim di Kabupaten Sabu Raijua, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sabu Raijua meminta Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE.,MM untuk mendirikan Kodim di daerah itu.

Permintaan itu disampaikan Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si melalui Wakil Bupati (Wabup), Yohanis Kalle Uly, A.Md kepada Pangdam IX Udayana dalam kunjungannya ke Sabu Raijua, Selasa (5/7).

Pangdam IX Udayana melakukan kunjungan kerja didampingi Danrem 161/Wirasakti Kupang,
Brigjen TNI Iman Budiman, SE, menggunakan Hely Bell TNI-AD tipe 412 EP/HA-5164. Rombongan Pangdam disambut Wabup Sabu Raijua karena Bupati Nikodemus Rihi Heke sedang mengikuti Rakor Penanganan Stunting bersama para bupati se-NTT di Kabupaten Sumba Timur.

Di Bandara Tardamu, selain Wabup, Pangdam IX Udayana juga disambut Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. Muhammad Iqbal Lubis, Sekretaris Daerah (Sekda) Sabu Raijua, Septenius M. Bule Logo, SH.,M.Hum, unsur Forkopimda Sabu Raijua dan sejumlah pejabat lainnya. Pangdam disambut dengan pengalungan kain adat disaksikan Sekda Sabu Raijua.

Turut hadir dalam rombongan Pangdam antara lain Aster Kasdam IX/Udayana Kol. Inf. Puji Hartono, Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kol. Kav. Antonius Totok, Kasiter Korem 161/Wirasakti Kol. Inf. Seniman Zega, Kasmin Pangdam IX/Udayan Mayor Inf. Dhavid Nur Hadiansyah.

Dari Bandara Terdamu, Pangdam mengunjungi tempat wisata Kelabba Madja, Kecamatan Hawu Mehara. Di lokasi wisata tersebut, Pangdam melakukan dialog dengan warga sekitar didampingi Wabup Sabu Raijua.

Camat Hawu Mehara, Daniel F. D. Logo mewakili masyarakat setempat dalam dialog tersebut menyampaikan terima kasihnya kepada Pangdam IX/Udayana yang untuk pertamakalinya mengunjungi kawasan wisata Kelabba Madja.

Pada kesempatan itu, Camat Daniel meminta agar Pangdam/IX Udayana maupun Danrem 161/Wirasakti Kupang agar memberikan prioritas kepada anak-anak dari Sabu Raijua yang mengikuti test masuk TNI AD, karena Kabupaten Sabu Raijua merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia.

"Tentunya dengan tetap memperhatikan persyaratan-persyaratan untuk masuk menjadi anggota TNI," kata Daniel.

Daniel juga menyampaikan bahwa sinergisitas antara TNI-Polri dan jajaran pemerintah di tingkat Kecamatan Hawu Mehara selama ini sangat terjalin dengan baik. Dimana dalam setiap kegiatan, baik kegiatan pemerintahan maupun kegiatan lainnya selalu melibatkan Koramil dan Babinsa di semua desa yang ada.

"Hanya saya pernah air mata jatuh, ketika saya mendapati ada anggota Babinsa yang motornya mogok di tengah jalan. Kalau bisa Bapak Panglima berdua tolong bantu teman-teman kami Babinsa dengan kendaraan bermotor, sehingga memperlancar kegiatan mereka di desa. Keberaadan Babinsa di desa sangat membantu kami," pinta Camat kepada Pangdam.

Sementara Wabup Sabu Raijua, Yohanis Kalle Uly pada kesempatan itu menyampaikan pesan Bupati Sabu Raijua yang tidak sempat hadir karena sedang mengikuti Rakor Stunting di Sumba Timur.

Menurut Wabup, kunjungan Pangdam IX Udayana ke Sabu Raijua merupakan pelipur lara bagi masyarakat karena selama ini hanya melihat Pangdam mengunjungi daerah lainnya. "Harapan kami, agar kunjungan ini bukan yang pertama dan terakhir, namun ke depannya agar Pangdam selalu mengunjungi masyarakat di Sabu. Kami juga sangat berharap sekali agar doa dan harapan kami terwujud," ujarnya.

Lebih lanjut Wabup Yohanis Kalle Uly menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat Sabu Raijua selalu siap menyambut pembangunan yang ada di Sabu Raijua. "Termasuk jika satu kelak nanti, ada pembangunan Kodim di Kabupaten Sabu Raijua. Kami siap mendukung dan para tua adat siap memfasilitasi untuk generasi Sabu Raijua yang ada datang," pintanya.(*/yl)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan