Lantik Lima Pejabat Administrator, Sekda Manggarai: Kerja Profesional, Tingkatkan Pelayanan

  • Bagikan
Sekda Manggarai, Fansi Jahang pose bersama lima pejabat administrator usai acara pelantikan Selasa (12/7). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Fansi Jahang, melantik dan mengambil sumpah lima orang pejabat administrator, Selasa (12/7). Mereka dilantik tidak sekadar mendapatkan jabatan, tapi sebagai bentuk pertanggungjawaban moral kepada negara.

Seremoni pelantikan berlangsung di aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai, Kota Ruteng. Hadir saat itu pimpinan perangkat daerah, dan undangan lain. Hadir sebagai saksi PNS, Staf Ahli Bupati, Maksimus Gandur, dan Inspektur Daerah Kabupaten Manggarai, Fransiska Nuryani Ngarung. Sementara saksi Rohaniawan, hadir Romo Gabriel Harim, Pr.

Kelima pejabat yang dilantik itu, yakni:

  1. Paulus Ngambol sebagai Sekretaris Dinas Dukcapil
  2. Maria Yasinta Aso sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika
  3. Martinus Oman sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan
  4. Florensia Erni Seo sebagai Kabid KB Dinas P2KB, dan
  5. Taki Agustinus Hendrikus sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat Bidang Kesehatan.

"Menapaki karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tentu bukan sekadar mendapatkan jabatan. Tapi sebagai bentuk pertanggungjawaban moral kepada negara. Saudara bisa bekerja secara profesional dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tegas Sekda Fansi dalam acara pelantikan itu.

Khusus kepada para pejabat yang menduduki jabatan Sekretaris, Sekda Fansi meminta agar bisa menjadi motor penggerak pada OPD masing-masing. Harus bangun komunikasi yang baik dalam organiasi, serta jaga situasi kantor agar tetap kondusif. Kecuali itu para pejabat yang dilantik harus taat dan loyal kepada atasan langsung, serta fokus bekerja sesuai tupoksi.

"Jangan lagi ada Sekretaris serasa Kepala Badan atau Kepala Bidang serasa Kepala Bagian. Atau Kepala Bidang rasa Sekretaris Dinas. Ini harus kita hindari. Para pejabat yang dilantik harus bisa ciptakan suasana kerja yang harmonis baik dengan atasan maupun dengan staf yang ada," pinta Sekda Fansi.

Dia juga menyebut, pelantikan dan mutasi pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kebutuhan organisasi, dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai. Banyak isu yang beredar di luar, Pemkab Manggarai lantik terus para pegawai.

"Ya memang gerbong birokrasi itu harus terus bergerak. Kalau kosong ya harus diisi. Tidak ada lagi yang bilang lantik terus karena harus ada yang diisi dan ada yang harus dimutasi,” tegasnya.

Sekda Fansi juga berpesan agar pejabat yang baru dilantik, dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Serta dapat segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di tempat kerja yang baru. Ia juga mengimbau agar pelayanan publik terus dimaksimalkan, (*)

Penulis: Fansi Runggat

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan

Exit mobile version