Wajah Labuan Bajo Tambah Cantik, Presiden Jokowi Titip 2 Pesan Ini

  • Bagikan
BERUBAH WAJAH. Presiden Jokowi saat meresmikan Marina Waterfront City di Labuan Bajo, Kabupaten Mabar, Kamis (21/7) malam. (FOTO: Hans Bataona/TIMEX)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pesta rakyat warga kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mewarnai peresmian Marina Waterfront City oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Kamis (21/7) petang.

Seperti disaksikan media ini, acara peresmian bertajuk "Wajah Baru Labuan Bajo" diresmikan Presiden Jokowi yang datang bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di pelabuhan laut Marina Waterfront City menggunakan kapal phinisi bernama Malayenka. Ikut mengawal lima kapal phinisi dengan layar mengembang.

Begitu turun dari kapal phinisi Mayalenka, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi disambut tarian khas Manggarai, Ndundundake. Tampak ribuan warga Mabar yang memadati tribun sebelah utara dan timur Marina Waterfront City itu larut dalam histeria menyambut orang nomor satu di Indonesia ini.

Saat meresmikan fasilitas pendukung pariwisata super premium itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa wajah kota Labuan Bajo telah berubah sehingga urusan yang kecil-kecil harus diperhatikan. Untuk itu Jokowi menitipkan dua hal untuk diperhatikan warga Mabar. Pertama, ramah terhadap wisatawan. "Ini penting sekali," tandas Jokowi disambut sahutan masyarakat yang hadir dengan teriakan, "setuju."

Kedua, jangan buang sampah sembarangan karena Labuan Bajo sekarang sudah bersih dan cantik. Lagi-lagi warga yang hadir dengan satu suara menyatakan, "setuju." "Setiap bulan kerja bakti terus-menerus agar kawasan ini tetap bersih dan semakin cantik dari hari ke hari," pesan Presiden Jokowi.

Presiden menyebutkan, saat datang tahun 2015 lalu, pelabuhan ini sangat kotor dan jorok, tetapi sekarang sudah cantik. Sekarang pelabuhannya sudah geser 15 kilometer dan di sini dilakukan penataan.

Presiden Jokowi meresmikan Sarpras pendukung Pariwisata di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Kamis (21/7) siang. (FOTO: ISTIMEWA)

Menurut Presiden Jokowi, ini bisa dipakai untuk kegiatan-kegiatan seni budaya dan menarik wisatawan lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo. "Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, saya nyatakan Marina Waterfront City dan Sistem Pengolahan Sampah Warloka diresmikan," ucapnya.

Acara peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirene diwarnai pesta kembang api. Sebelum meresmikan Marina Waterfront City ini, pada Kamis (21/7) pagi, Presiden Jokowi meresmikan perluasan Bandar Udara Komodo.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mendukung dan menyetujui penambahan run way atau landasan pacu sepanjang 100 meter dengan lebar 40 meter dari ukuran sebelumnya 2.650 meter sehingga bisa memungkinkan pendaratan pesawat berbadan besar dan lebar karena selama ini hanya bisa didarati pesawat jenis boeing 737.

Pada siang harinya, Jokowi meresmikan sarana-prasarana di Pulau Rinca dengan menumpang kapal phinisi.

Presiden yang bermalam di Labuan Bajo, kembali melakukan agenda kegiatan di Mabar, dimana sesuai rencana akan meresmikan SPAM Wae Mese II di Desa Nggorang. (Krf7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan