Nakes di Kota Kupang Mulai Vaksin Booster Kedua

  • Bagikan
ILUSTRASI. Seiring berkembangnya varian baru dan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah berupaya meningkatkan cakupan vaksin Covid-19 dengan mewajibkan vaksin booster atau penguat. (FOTO: Dok. JawaPos)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Kupang dijadwalkan menerima vaksin penguat atau booster kedua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari Saragih, mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mencanangkan booster kedua atau vaksin dosis keempat bagi tenaga kesehatan.

"Jadi masih diutamakan atau hanya untuk tenaga kesehatan saja dulu, sementara untuk masyarakat umum di Kota Kupang, kita masih menunggu karena masih menghitung logistik, " kata Tiurmasari saat diwawancarai di Hotel Kristal, Jumat (29/7).

Tiurmasari menjelaskan, pemeriksaan logistik dilakukan untuk memastikan logistik mencukupi untuk semua nakes di Kota Kupang, terutama yang ada di Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan Puskesmas.

Untuk vaksin booster kedua bagi nakes, kata Tiurmasari, bisa dilakukan heterol dan homolog, atau jenis vaksin booster ke dua bisa digunakan jenis yang sama saat booster pertama atau bisa juga jenis vaksin yang berbeda.

"Prinsipnya booster kedua tidak lebih rendah dari sebelumnya, misalnya waktu booster pertama menggunakan Pfizer maka booster kedua ini bisa gunakan Pfizer atau Moderna," jelas Tiurmasari.

Tiurmasari menyebutkan, saat ini, jumlah nakes di Kota Kupang mencapai 3.000 lebih tenaga, sehingga pihaknya siap mengikuti sesuai yang ditargetkan dari Kemenkes.

Vaksin booster kedua untuk masyarakat, kata Tiurmasari, belum ada instruksi dari pusat. Masih menunggu regulasi, jika sudah ada maka akan dilaksanakan. (r2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan