Ende Siap Gelar Liga Pelajar Soeratin Cup U-17, Panitia: Sudah Daftar 11 Tim

  • Bagikan
VENUE SOERATIN CUP. Kondisi Stadion Marilonga tempat diselenggarakan Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 pada Agustus 2022. (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

ENDE. TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kabupaten Ende siap menggelar Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 yang akan berlangsung dari 2 Agustus hingga 15 Agustus 2022.

"Panitia sudah mulai bekerja, sudah lakukan rapat pemantapan mulai dari persiapan Stadion Marilonga yang merupakan tempat pertandingan hingga penjemputan para peserta dari kabupaten yang mengikuti liga ini," jelas Ketua Panitia Liga Pelajar Soeratin Cup, Derson Duka saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Ende, Kamis (28/7). 

Derson Duka yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Ende menjelaskan, terkait dengan acara penjemputan dan lainnya, pihaknya bekerja sama dengan paguyuban warga masing-masing daerah yang ada di Ende.

"Untuk urusan ini, koordinatornya Pak Kepala Dinas Sosial, dan sudah dilakukan pertemuan dengan paguyuban yang ada di Kota Ende untuk penjemputan," katanya. 

Berkaitan dengan kondisi Stadion Marilonga yang kini terlihat masih ada banyak kerusakan, Derson menyebutkan, pihaknya kini tengah melakukan perbaikan-perbaikan kecil sehingga saatnya bisa digunakan.

Menurutnya, Asprov PSSI telah melihat secara langsung kondisi stadion dan dalam evaluasi mereka menyebutkan Stadion Marilonga masih layak untuk menggelar Soeratin Cup. "Kini kita tengah melakukan pembenahan dan perbaikan. Diantaranya papan skor, pintu gerbang masuk, bens pemain yang sudah rusak dan beberapa kerusakan kecil lainnya," jelas Derson. 

Derson berharap dalam sisa waktu ini, pihaknya akan berupaya menyelesaikan perbaikan-perbaikan kecil sehingga bisa digunakan saat pertandingan nantinya. 

Sementara itu, saat rapat koordinasi dalam rangka persiapan Liga Pelajar Soeratin Cup beberapa waktu lalu, pelaksanaan Soeratin Cup U-17 ini akan disatukan dengan pelaksanaan Festival Kelimutu tanggal 14 Agustus 2022 mendatang. 

Saat jedah pertandingan sebelum menggelar final Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 pada 15 Agutus 2022, akan ada seremoni Pati Ka Ata Mata atau pemberian makan kepada leluhur di puncak Gunung Kelimutu. Diharapkan, para peserta bisa hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Kita ingin satuan kegiatan ini yakni olah raga dan pariwisata. Kebetulan Soeratin Cup bersamaan dengan acara Festival Kelimutu yang merupakan even tahunan pariwisata," sebut Derson Duka. 

Selain mengikuti seremoni Pati Ka, para peserta juga akan diajak untuk menyaksikan acara Taga Kamba yang dilaksanakan di area Museum Tenun Ikat di Situs Soekarno. Sementara itu, rencana berikutnya dari Panitia akan menyelenggarakan gala dinner bertempat di Pantai Kota Raja.

"Para peserta nantinya akan menikmati kuliner khas kabupaten Ende dan selanjutnya menikmati keindahan Pantai Kota Raja dengan sunset yang luar biasa," pungkasnya. 

Derson menyatakan, hingga Kamis (28/7) ada 11 kontingan yang nantinya akan bertanding di Liga Pelajar Soeratin Cup U-17. Ke-11 tim tersebut sudah memasukan Form A1 (Form Pendaftaran) Liga Pelajar Soeratin U-17 tahun 2022 di Ende.

Tim tersebut adalah Persap Alor, PS Malaka, Persematim Manggarai Timur, Persebata Lembata, Nirwana FC 04 Nagekeo, Bintang Timur Atambua, Persada SBD, PSN Ngada, Persena Nagekeo, Perseftim Flotim, dan PSKK Kota Kupang. 

"Ini yang kami terima dari Asprov. Mudah-mudahan akan bertambah, karena menurut informasi Persami Maumere juga akan berpartisipasi dan juga dari beberapa kabupaten lain," pungkas Derson Duka. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan