Dapat Amanah 2 Bupati, Bobby Lianto Galang Kerja Sama Sister City Kota di NTT dan Australia

  • Bagikan
Foto bersama delegasi B20 Kadin Indonesia di gedung Startup Hub Sydney, Selasa (2/8). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kehadiran Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Lianto sebagai bagian dari delegasi B20 Kadin Indonesia, membawa harapan nyata bagi pembangunan di Bumi Flobamora.

Bagaimana tidak, jika tak ada aral rintangan, pada bulan November 2022 nanti, bakal ada kunjungan sekaligus penandatanganan Sister City antara Kota Kupang dan Darwin City. Hal ini merupakan inisiasi Kadin NTT termasuk mendorong dibukanya penerbangan langsung dari Darwin ke Kupang PP.

"Ini masih akan disurvey, mana yang lebih visible, apakah Darwin-Kupang-Labuan Bajo atau Darwin-Kupang-Denpasar," beber Bobby Lianto kepada TIMEX secara tertulis usai pertemuan dengan Menteri Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Australia yang juga dihadiri Duta Besar (Dubes) RI untuk Australia, Dr. Siswo Pramono, Selasa (2/8).

Menurut Bobby, dalam pertemuan itu, pihak Pemerintah Australia menyatakan setuju dan mendukung dibukanya penerbangan langsung dari negeri kanguru ke NTT tersebut.

Tak cuma Kota Kupang. Bobby mengaku, dalam agenda kunjungan ke Australia ini, sebagai Ketua Kadin NTT, dirinya mendapat surat penunjukkan langsung dari dua bupati di NTT untuk bertindak sebagai Liasion Officer (LO) mewakili pemerintah daerah (Pemda) yang menunjuk Bobby untuk membuka peluang kerja sama Sister City dengan kota-kota di Australia.

Dua kepala daerah yang telah memberi kepercayaan kepada Bobby selaku Ketum Kadin NTT, yakni Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete, dan Bupati Sikka, Roberto Diogo, S.Sos., M.Si.

Kepada TIMEX, Bobby mengaku telah menjalankan amanah itu. "Kepercayaan Pak Bupati SBD dan Sikka sangat luar biasa, dan sebagai Ketua Umum Kadin NTT saya sudah lakukan itu dalam beberapa pertemuan dengan pemerintah di Australia, dan mendapat respon yang sangat baik," kata Bobby.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Australia, Dr. Siswo Pramono yang menyaksikan langsung upaya Bobby ini juga menyatakan siap membantu inisiasi dan usulan Kadin NTT untuk mewujudkan adanya Sister City tersebut, khususnya tentang penerbangan langsung dari Australia ke NTT.

Kerja nyata Bobby Lianto ini juga mendapat apresiasi dari Ketum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.
Apresiasi ini disampaikan Arsjad saat memberi sambutan pada Gala Dinner bersama New South Wales (NSW) Goverment dan Australia-Indonesia Business Council, di Gedung Bersejarah NSW Parliement House, Kota Sydney, Rabu (3/8).

Dalam forum terhormat itu, Arsjad memberi apresiasi kepada Ketum Kadin NTT, Bobby Lianto, MBA yang telah bekerja keras dan nyata menghasilkan beberapa penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi di NTT.

"Saya apresiasi aksi konkrit yang dilakukan Ketua Kadin NTT (Bobby Lianto, Red). Walaupun baru saja dilantik, namun Kadin NTT sudah melakukan suatu pekerjaan luar biasa membicarakan kerja sama Sister City kota-kota di NTT dan Australia," puji Arsjad. (aln)

  • Bagikan