Dukung Pelaksanaan Festival Kopi, Bank NTT Ruteng Siapkan Koko

  • Bagikan
SIAPKAN KOKO. Stan pelayanan Bank NTT dalam Festival Kopi di lapangan Motang Rua Ruteng. (FOTO: Fansi Runggat/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) setempat menggelar Festival Kopi di Ruteng, ibu kota kabupaten itu. Bank NTT Cabang Ruteng ikut ambil bagian sebagai pendukung utama even tersebut. Bahkan Bank NTT hadir dengan menyiapkan pelayanan kopi konsumsi alias Koko.

Kegiatan Festival Kopi yang berlangsung di Lapangan Motang Ruta, Kecamatam Ruteng ini berlangsung selama sepekan, yakni 1 - 7 Agustus 2022. Festival dengan tagline "Manggarai Land of Harmony" ini mengikutsertakan puluhan pelaku usaha kopi di Manggarai Raya, yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur (Matim), dan Manggarai Barat (Mabar). Ikut terlibat juga pelaku UMKM binaan Bank NTT.

"Dalam pelayanan Koko, para pengunjung dalam Festival Kopi bisa datang ke stan Bank NTT untuk menikmati kopi gratis sambil konsultasi program Bank NTT. Kita sudah siap melayani dengan hati," ujar Pemimpin Cabang Bank NTT Ruteng, Romi Radjalangu, kepada TIMEX di Ruteng, Jumat (5/8) petang.

Menurut Romi, dalam pelayanan Koko itu, pihaknya juga siap melayani setiap pengambilan kredit. Juga pembukaan rekening, termasuk rekening simpanan pelajar, serta aktivasi B-Pung Mobile. Setiap pelayanan penjualan prodak UMKM binaan Bank NTT, transaksinya diutamakan non tunai atau memakai QRIS.

"Kita di Kota Ruteng sedang menjalankan program QRIS EXPERIENCE. Dimana mudah dilakukan dengan Rp 1.000 untuk bisa sambil belanja di UMKM atau sumbangan ke lembaga keagamaan. Salah satunya derma kolekte di sejumlah gereja paroki," kata Romi.

Romi menyatakan, pihaknya tentu terus mengajak masyarakat dengan gerakan pembayaran non tunai. Tentu lebih mudah, sehat, dan bisa dilakukan 24 jam. Hal yang menarik dalam pelayanan Koko Bank NTT di Festival Kopi, setiap pengunjung, khususnya yang melakukan pembukaan rekening, pengambilan kredit, serta aktifasi B-Pung Mobile, langsung mendapat hadiah vouhcer. 

"Ada banyak UMKM binaan Bank NTT yang ikut dalam Festival Kopi. Bank NTT mendukung Pemda Manggarai dalam kegiatan festival yang digelar. Bank NTT salah satu sponsor utama melalui program Bank NTT peduli," tutur Romi.

Sementara Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, saat membuka kegiatan festival itu, menyampaikan ucapan syukur atas terselenggaranya Festival Kopi di Kota Ruteng. Selain karena melalui momen itu dapat mempromosikan kopinya, di sisi lain pertemuan-pertemuan antara para pegiat kopi, pecinta kopi, wisatawan, dan masyarakat yang memiliki tradisi kopi dapat memperkaya khazanah tentang kopi.

"Festival ini memberi ruang percakapan dan perjumpaan bagi masyarakat, pelaku ekonomi, pelaku seni, maupun kelompok lainnya. Pada sisi lain, ruang festival memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri, sekaligus mempromosikan dan meningkatkan akan identitas kita," kata Bupati Hery.

Bupati Hery berharap, kopi tidak hanya menjadi kuliner khas harian, tapi menjadi identitas bagi masyarakat Manggarai Raya. Melalui festival ini, Bupati Hery, mendorong peningkatan produktivitas Kopi Manggarai. "Melalui festival akan ada tambahan kasana dan edukasi pada pegiat kopi, penikmat kopi, dan penikmat kopi," pungkasnya. (*)

Penulis: Fansi Runggat

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan