Wujudkan Rasa Cinta Tanah Air, SMK PP Kementan Meriahkan HUT Ke-77 RI

  • Bagikan
Tim Bola Voli guru-guru SMK-PP Negeri Kupang ikut memeriahkan semarak perayaan HUT ke-77 RI. (FOTO: Humas SMK-PP N Kupang)

KUPANG-Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan yang dilaksanakan setiap tahun memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. Hal ini mengingatkan seluruh komponen bangsa betapa besarnya perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan dari penjajah. Tahun 2022 ini, negeri tercinta mencapai usianya yang ke-77 tahun.

Euforia Hari Kemerdekaan ini sangat terasa di seluruh penjuru negeri. Maka hendaknya sebagai masyarakat yang mencintai bangsa dan negeri ini sudah selayaknya memperingati HUT RI dengan penuh suka cita dan rasa syukur.

Dalam memperingati HUT RI, banyak cara untuk memeriahkannya salah satunya dengan menggelar perlombaan. Perlombaan yang sudah identik dengan perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ialah seperti balap karung, lomba makan kerupuk yang menjadi pemanis dalam memeriahkan kegiatan ini.

Sebagai bagian dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang berada di bawah BPPSDMP dan bentuk kecintaan terhadap negeri ini, SMK PP Negeri Kupang menggelar sejumlah perlombaan/pertandingan yang diikuti oleh semua pegawai, guru, dan peserta didik.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu, sejak 10 - 16 Agustus 2022. Perlombaan/pertandingan yang diikuti peserta putra dan putri diantaranya pertandingan cabang olahraga bulu tangkis, bola voli, sepak bola, dan lomba tarik tambang.

Sedangkan khusus untuk panjat pinang hanya untuk putra. Semua komponen sekolah dalam hal ini seluruh staf dan guru turut berpartisipasi demi terlaksananya kegiatan ini yakni bagian kepegawaian, kurikulum, kesiswaan, humas dan industri, manajemen mutu, dan yang lainnya. Tidak ketinggalan pula peserta didik kelas X dan XI.

Melalui kegiatan ini selain turut memeriahkan HUT RI, diharapkan juga dapat menambah kedekatan serta menjadi ajang silaturahmi agar hubungan sesama pegawai dan peserta didik menjadi lebih harmonis.

Dari kegiatan ini juga semua elemen sekolah bisa belajar pentingnya kerja sama dan kekompakan, semangat untuk mencapai satu tujuan dan tentunya dapat bersosialisasi dengan masyarakat luas. Di samping itu sebagai warga negara yang baik haruslah senantiasa menumbuhkan rasa cinta tanah air bukan hanya saat menjelang kemerdekaan, namun di setiap waktu sesuai dengan peran masing-masing, baik sebagai peserta didik, maupun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental, yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas. (*)

Penulis: Luluk Juan

  • Bagikan