Roadshow Kadin Berbuah Hasil, Mendag Pariwisata Investasi Australia Siap Hadir di Labuan Bajo

  • Bagikan
Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto bersama jajaran pengurus saat mengunjungi Kementerian Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Australia belum lama ini. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Lianto, MBA menyampaikan bahwa hasil roadshow Kadin yang dipimpin Ketua Umum Arsjad Rasjid baru-baru ini di Australia berbuah hasil.

Salah satunya, adalah informasi akan hadir Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia, Mr. Hon Don Farrell, pada pertemuan B20-G20 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) pada 23 September 2022 nanti.

Bobby menyebutkan, selain Mr. Hon Don Farrell dari Australia, akan hadir pula para leader Negara G20 lainnya, termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkilfi Hasan.

Bobby menjelaskan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Perdagangan dan Investasi bakal menyelenggarakan forum dialog publik antara para menteri G20 dan pemangku kepentingan global termasuk para pemimpin dari Asosiasi Bisnis dan Industri G20 negara serta perwakilan publik.
"Dialog publik itu akan dilakukan pada 23 September 2022 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Indonesia," kata Bobby kepada TIMEX, Jumat (19/8).

Bobby yang memastikan hadir dalam forum ini menjelaskan, dialog tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran tentang bagaimana perdagangan dan investasi dapat mendorong pemulihan global, pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan.

"Kami telah merancang acara untuk melaporkan dan mempromosikan strategi diskusi seputar rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti yang dikembangkan selama siklus B20 oleh Satgas Perdagangan dan Investasi. Kami telah merumuskan empat rekomendasi untuk disampaikan dan dibahas dalam dialog B20-G20," ungkap Bobby mengutip poin hasil kerja Satgas Perdagangan dan Investasi B20 - G20, dalam hal ini Kadin Indonesia.

Bobby menyebutkan, empat rekomendasi yang telah dihasilkan Satgas, yakni:

  1. Mempromosikan perdagangan dan investasi global pascapandemi yang terbuka, adil, inklusif, dan efisien pemerintahan multilateral, termasuk melalui reformasi organisasi perdagangan dunia.
  2. Memfasilitasi inovasi, digitalisasi, dan adopsi teknologi untuk mendukung internasional pengembangan dan mitigasi krisis global di masa depan.
  3. Memperkuat dukungan untuk mencapai inklusivitas dalam rantai pasokan dan nilai global.
  4. Menjadikan penggerak perdagangan dan investasi yang berdampak bagi pembangunan yang lebih hijau dan berkelanjutan sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Dialog publik B20 – G20 akan dihadiri oleh para pemimpin bisnis global bersama para menteri dari Indonesia dan negara-negara G20 lainnya. Para Menteri G20 akan menyampaikan sambutan dan pidato pra-panel untuk berbagi pemikiran tentang rekomendasi B20 dari perspektif pembuat kebijakan," ujar Bobby.

Sebagai Ketua Kadin NTT, Bobby berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi upaya pembangunan ekonomi dan investasi di Nusa Tenggara Timur (NTT). (aln)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan