IFG Labuan Bajo Marathon 2022: Bangkitkan Ekonomi dan Lahirkan Atlet Baru NTT

  • Bagikan
SOFT OPENING. Soft Opening perhelatan akbar IFG Labuan Bajo Marathon 2022 pada 29 Oktober 2022 mendatang di Labuan Bajo yang digelar oleh IFG BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi berkolaborasi dengan anggota holding, Jumat (26/8). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pandemi Covid-19 selama dua tahun telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan, baik itu di sektor ekonomi, pariwisata, juga agenda olah raga.

Guna mendorong peningkatan perekonomian dan mendukung pemerintah dalam mempromosikan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai destinasi wisata super prioritas (DSP), Indonesia Financial Group (IFG) BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi berkolaborasi dengan anggotanya menggelar perhelatan akbar IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Even tersebut diagendakan pada 29 Oktober 2022 nanti.

"IFG Labuan Bajo Marathon 2022 menjadi event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga," jelas Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2002, Fitri Istanti, Jumat (26/8).

Menurut Fitri, langkah ini merupakan bentuk nyata dukungan terhadap Pemerintah Indonesia yang telah menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata eksklusif. Dengan memanfaatkan tren marathon yang kian naik daun, Fitri berharap even marathon bergengsi dengan konsep sport tourism ini dapat mendukung pengembangan pariwisata di wilayah tersebut, dan diharapkan dapat berdampak pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Labuan Bajo khususnya, dan Manggarai Barat secara umum.

Fitri mengaku, pihaknya menargetkan lebih kurang 1.500 pelari lokal, nasional, dan internasional dapat berpartisipasi dalam IFG Labuan Bajo Marathon 2022 bulan Oktober nanti.

Melalui ajang ini, lanjut Fitri, IFG juga bermaksud menghidupkan kembali kejayaan NTT sebagai lumbung para atlet lari/atletik Indonesia.

“Event ini merupakan bentuk dukungan IFG untuk mendorong lahirnya generasi baru atlet-atlet
lari dari NTT," tambau Direktur Utama IFG, Robertus Billitea.

Menurut Robertus Billitea, dalam pelaksanaan even ini, IFG ingin mengajak partisipasi masyarakat dalam meramaikan ajang ini dalam bentuk pesta rakyat bagi masyarakat Manggarai Barat dan sekitarnya.

Robertus juga berharap momentum ini dapat mendukung Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP) yang dicanangkan oleh pemerintah dan menyongsong Indonesia bangkit dan pulih kembali pasca pandemi.

Sejalan dengan hal itu, kata Robertus, Kementerian BUMN menilai kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 ini sebagai ajang yang tepat untuk mendukung bangkitnya pariwisata Labuan Bajo.

Hal ini sejalan dengan semangat BUMN dalam pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN yang berdampak pada peningkatan perekonomian lokal.

Sementara itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengaku optimistis IFG Labuan Bajo Marathon 2022 akan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional, khususnya di sektor pariwisata.

“Ini akan men-support dan mendukung semakin kuatnya Labuan Bajo sebagai tempat wisata
super prioritas di Indonesia. Jika acara ini sukses, maka UMKM-UMKM di Labuan Bajo akan terdukung, tidak hanya di Labuan Bajo, tentunya di NTT. Hal ini akan menjadi lompatan besar karena Indonesia setelah kondisi corona saat ini akan menuju support besar terhadap
pariwisata Indonesia,” kata Arya.

Sementara itu, Sekjen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), Tigor Tanjung, berharap, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 bisa berkelanjutan di tahun-tahun yang akan datang, dengan harapan besar memunculkan bibit-bibit atlet lari dari NTT.

Selama ini, Bumi Flobamora memang telah melahirkan sejumlah atlet lari yang berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Misalnya Eduardus Nabunome (alm), Lamek Yunias Banu, Mery Paijo, Apriana Paijo, Oliva Sadi, Matheus Wuli, dan lainnya.

Untuk mendukung IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dalam melahirkan atlet-atlet muda berbakat di bidang atletik, IFG menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan PASI NTT untuk menggelar ajang pencarian bibit atlet, yang akan menjaring 400 siswa dan siswi dari
100 Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh wilayah NTT.

Perwakilan siswa tersebut akan diberikan pelatihan selama dua bulan oleh pelatih lari bersertifikat International Amateur Athletic Federation (IAAF) dan PASI, coach Agung Mulyawan, sebelum terjun langsung di kategori 5K IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 mencakup Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, dan 5K. Selain kategori individu atau perorangan, ajang ini juga melombakan kategori kelompok di Ekiden (Estafet 5K) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash (lomba sprint untuk anak-anak) 100 meter.

Ekiden adalah kegiatan lari estafet (tim ganda campuran 4 orang). "Masing-masing peserta
akan berlari sejauh 5 kilometer, dengan total jarak 20 kilometer,” kata CEO Mesa Race, Reza
Puspo, selaku penyelenggara acara. Pendaftaran IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dibuka mulai 4 September 2022 melalui website: www.IFGLabuanBajoMarathon.com. (r2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan