Jelajah Keindahan Pariwisata NTT dan Promosi Produk UMKM Lewat Touring Wisata

  • Bagikan
KOLABORASI. Komodo NTT dan Karau Timor Bikers Timor Leste menggelar kegiatan bersama Touring Pariwisata, yang dimulai 18 - 21 Agustus 2022. Rombongan dilepas Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. (FOTO: ISTIMEWA)

Kolaborasi Touring Komodo NTT dan Karau Timor Brotherhood Timor Leste

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Setelah sukses menggelar acara otomotif di Kota Kupang beberapa waktu lalu, Komunitas Motor Gede Flobamorata Nusa Tenggara Timur atau Komodo NTT bersama Karau Timor Bikers Timor Leste, kembali menggelar kegiatan bersama berupa Touring Pariwisata. Kegiatan tersebut dimulai 18 - 21 Agustus 2022. Dan peserta touring itu dilepas Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Ketua Komodo NTT, Christoper Samara mengatakan, kegiatan ini merupakan kunjungan balasan dari komunitas motor Karau Timor Brotherhood di Timor Leste, dimana sebelumnya Komodo NTT berkunjung ke Timor Leste.

Selain menikmati keindahan pariwisata di daratan Timor dan Negara Timor Leste, Komodo NTT juga membawa misi penting lainnya, yakni misi perdagangan, dimana Komodo NTT mengawal dan membawa produk-produk UMKM NTT untuk di pasarkan di Timor Leste beberapa waktu lalu.

"Kegiatan yang kami lakukan ini bertujuan menggairahkan ekonomi NTT lewat event otomotif, khususnya roda dua. Sebelumnya kami juga menggelar pameran UMKM serta berbagai aksi sosial lainnya tepat di depan kantor Gubernur NTT," jelas Christoper.

Christoper menyebutkan, kunjungan balasan dari komunitas motor di Timor Leste ini diikuti oleh lebih dari 10 bikers. Mereka disambut Pembina Komodo NTT, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, bertempat di ruang kerja Gubernur, 21 Agustus 2022. Hadir juga saat itu, Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto, MM., MBA.

Gubernur Viktor Laiskodat menyambut baik hubungan bilateral dan juga hubungan persahatan antar kedua negara serta mengapresiasi kegiatan touring bersama ini.

Gubernur VBL juga meminta agar kegiatan touring wisata ini terus dilaksanakan. Ini bisa menghasikan narasi touring yang spresial, karena touring-nya berlangsung di Pulau Timor, namun melintasi dua negara, yakni NTT, Indonesia dan Timor Leste.

Ketua Kadin NTT, Bobby Lianto juga berharap, lewat touring sepeda motor bersama ini menjadi sarana promosi pariwisata kedua negara dan memberikan dampak secara langsung bagi perekonomian di daerah yang dikunjungi atau dilewati.

Ketua Karau Timor Brotherhood Timor Leste, dr. Rogerio Pedro Sam, mengatakan, tujuan utama touring ini adalah menjalin persahabatan dan promosi pariwisata antar kedua negara. Harapannya, kata dr. Rogerio, akan banyak kunjungan dari para pengendara atau pecinta touring wisata dari luar maupun dalam Pulau Timor untuk berkendara menikmati pariwisata NTT dan melanjutkan perjalanan sampai ke Timor Leste.

Rogerio menambahkan, dengan Touring Wisata ini dapat mempererat hubungan persahabatan para Rider Indonesia dan Timor Leste.

"Kami sangat berterima kasih kepada Gubernur NTT yang telah membantu dan memfasilitasi perjalanan ini, Kapolda NTT beserta jajarannya yang telah memberikan pengawalan untuk rombongan dari Atambua sampai Labuan Bajo, Ketua Kadin NTT, Komodo NTT, dan seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung Touring Wisata dengan tema Journey Wonderful NTT," katanya.

Rogerio sangat mengapresiasi pembangunan yang terjadi di NTT, 10 tahun lalu dia pernah berkunjung ke NTT, tapi sekarang perubahan sangat luar biasa. Bahkan Labuan Bajo sekarang sudah menjadi daerah wisata super premium.

"Kami sangat bangga untuk hal itu dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Gubernur NTT," ungkapnya.

Perjalanan yang ditempuh selama 4 hari lamanya dari Kupang menuju Labuan Bajo menyisakan banyak cerita dan kebahagian serta pengalaman yang luar biasa yang di dapat oleh para rider.

"Dimana kami boleh merasakan sensasi berkendaran melintasi 1.000 tikungan Flores, desa- desa adat, situs-situs sejarah, keindahan Pulau Komodo dan juga banyak berjumpa dengan para pengendara yang bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari negara lain seperti Australia, German, dan lainnya," tambah Ketua Harian Komodo NTT, Mursalim alias Regan.

Sekjen Komodo NTT, Bobby Damanik pun mengajak seluruh pencinta Touring Wisata, bukan hanya dari NTT tapi juga dari seluruh dunia untuk berkunjung ke NTT dan Timor Leste.

"Kita bukan hanya menjadi duta pelopor keselamatan di jalan raya, tetapi juga menjadi duta-duta promosi pariwisata di NTT yang kita cintai ini. Salam Satu Aspal tegas," kata Bobby Damanik. (r2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan