Simak 7 Fakta tentang Ratu Elizabeth II yang Jarang Publik Tahu

  • Bagikan
TAAT PAJAK. Mendiang Ratu Elizabeth II semasa hidup diketahui taat membayar pajak (FOTO: World Atlas/JawaPos.com)

LONDON, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemimpin Monarki Inggris, Ratu Elizabeth II mangkat pada Kamis (8/9) waktu Skotlandia setelah sebelumnya dalam pengawasan medis yang ketat.

Ratu Elizabeth merupakan pemimpin kerajaan yang berkuasa sejak 1952, dan meninggal dalam usia 96 tahun. Sejumlah fakta tentang sang Ratu tercatat dalam sejarah dan belum banyak diketahui publik.

Setelah memerintah selama 70 tahun dan 214 hari, Elizabeth II adalah yang paling lama memerintah dalam sejarah Kerajaan Inggris. Sebagai Ratu, dia telah menyaksikan banyak peristiwa paling monumental dalam sejarah modern, dan telah memimpin lebih dari 15 perdana menteri.

Berikut fakta menarik untuk diketahui seputar sosok Ratu Elizabeth II.

  1. Selamat dari Percobaan Pembunuhan

Sebagai kepala negara paling kuat di dunia, Ratu Elizabeth II menghadapi berbagai risiko, termasuk percobaan pembunuhan. Pertama pada 1970, orang tak dikenal meletakkan balok kayu di rel kereta sebelum kereta yang ditumpangi Ratu Elizabeth II melewatinya. Untungnya, kereta tidak tergelincir, dan kondektur kereta sudah melihat batang kayu dan menarik rem.

Kedua, seorang pria bernama Christopher John Lewis mencoba menembak Ratu pada 1981 di Selandia Baru. Namun, dia terlalu jauh untuk mencapai targetnya. Terakhir, Warga Negara Inggris Michael Fagan masuk ke kamar tidur Ratu membawa asbak, tetapi dia kabur sebelum melakukan apa-apa. Niatnya yang sebenarnya tidak pernah diketahui, tetapi diperkirakan bahwa dia mungkin ingin menyakiti Ratu.

  1. Ratu Pertama Berpidato di AS

Pada 1991, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip melakukan tur ke Amerika Serikat selama hampir dua minggu. Selama perjalanan itu, dia berpidato di sesi gabungan Kongres AS, yang berarti anggota Senat dan Dewan Perwakilan juga hadir. Selama pidatonya, dia membahas Perang Teluk, serta peran masa depan Inggris dan AS di panggung dunia. Meski para pemimpin Inggris lainnya, seperti Winston Churchill, telah berbicara kepada Kongres sebelumnya, Ratu Elizabeth II adalah raja Inggris pertama yang melakukannya.

  1. Ratu Keenam

Ratu Elizabeth II adalah perempuan keenam yang menjadi ratu penguasa Inggris. Meskipun lebih banyak perempuan telah mengklaim gelar atau mencoba tidak berhasil untuk merebutnya, hanya 6 yang berhasil naik takhta. Beberapa dari mereka dianggap sebagai salah satu Raja Inggris yang paling sukses. Dalam urutan kekuasaan, mereka adalah Mary I, Elizabeth I, Mary II, Anne, Victoria, dan Elizabeth II.

  1. Selalu Taat Pajak

Ratu Elizabeth II adalah raja Inggris ketiga yang membayar pajak penghasilan. Sampai hari ini, Ratu Inggris tidak diwajibkan secara hukum untuk membayar pajak. Namun, pada 1992, Elizabeth II memilih untuk membayar pajak penghasilan secara sukarela, dan terus melakukannya sepanjang hidupnya. Sebelum dia, Ratu Victoria membayar pajak penghasilan, seperti yang dilakukan Raja George VI, ayah Elizabeth II.

  1. Pegang 15 Negara Bagian

Ratu Elizabeth II adalah kepala negara di 15 negara yang berbeda. Ketika berbagai negara memperoleh kemerdekaan mereka dari Kerajaan Inggris. Beberapa memutuskan untuk mempertahankan Ratu sebagai kepala negara mereka. Peran ini sebagian besar simbolis, karena baik Ratu maupun pemerintah Inggris tidak memiliki pernyataan resmi tentang bagaimana negara-negara ini memutuskan untuk bertindak.

Sepanjang pemerintahannya, dia adalah kepala negara di 32 negara, tetapi pada September 2022 dia memegang gelar di 15 negara bagian yakni Antigua dan Barbuda, Bahama, Selandia Baru, Australia, Belize, Saint Kitts dan Nevis, Grenada, Jamaika, Papua Baru Guinea, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Kanada, Kepulauan Solomon, Tuvalu dan, tentu saja Inggris.

  1. Menjabat di Era Perang Dunia II

Sebagai seorang putri selama Perang Dunia II, Elizabeth II mendaftar di Auxiliary Territorial Service (ATS), yang merupakan cabang militer perempuan di Inggris. Ini menjadikannya perempuan pertama di keluarga kerajaan yang bertugas di Pasukan Kerajaan. Selama berada di ketentaraan, ia dilatih sebagai mekanik dan pengemudi, belajar mendekonstruksi dan memperbaiki mesin, serta mengendarai berbagai kendaraan seperti truk dan ambulans.

  1. Memiliki Anjing Piaraan

Ratu Elizabeth II terkenal menyukai anjing welsh corgis, memiliki lebih dari 30 dari mereka sepanjang masa pemerintahannya. Pada 1971, salah satu corgis milik Ratu dikawinkan dengan dachshund Putri Margaret, menciptakan jenis anjing baru yakni dorgi. (jpc/jpg)

  • Bagikan