Kadin NTT Sukses Perjuangkan Dialog Publik B20 Tetap di Labuan Bajo

  • Bagikan
B20 Chairwoman, Shinta Kamdani Wijaya didamping Ketum Kadin NTT, Bobby Lianto bersama pengurus Kadin Indonesia memberi keterangan pers pada acara B20 Public Dialogue di Labuan Bajo, Mabar, Jumat (23/9). (FOTO: ISTIMEWA)

Sambut ASEAN Summit 2023, Bobby Inisiasi B20 NTT Invesment Forum di Kupang

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Apresiasi patut diberikan kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bagaimana tidak, kegiatan side event G20 Trade & Investment yang sedianya berlangsung di Labuan Bajo pada Oktober 2022 nanti, telah diputuskan dihelat di Denpasar, Bali.

Bersamaan dengan itu, kegiatan ikutannya, yakni B20 Public Dialogue atau Dialog Public B20 semestinya ikut dihelat di Provinsi Bali. Namun berkat perjuangan Ketua Umum Kadin NTT, Bobby Lianto, acara Dialog Publik B20 ini tetap berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi NTT, Jumat (23/9).

"Seharusnya kegiatan B20 ini juga pindah ke Bali, tetapi karena Kadin NTT, maka Kami putuskan tetap di Labuan Bajo," kata B20 Chairwoman, Shinta Kamdani Wijaya di Labuan Bajo, Jumat (23/9).

Shinta Kamdani menjelaskan, sukses besar Kadin Indonesia, tim B20 dan Kadin NTT menyelengarakan rangkaian kegiatan B20 Public Dialogue di Labuan Bajo, pada 23 September 2022 punya cerita tersendiri.

Shinta menyatakan bahwa, awalnya, side event G20 Trade & Investment telah dijadwalkan berlangsung di Labuan Bajo.

"Kami biasanya melaksanakan B20 bersama-sama di satu kota menempel kepada pertemuan G20. Tetapi kemudian kegiatan G20 tersebut oleh Pemerintah di pindahkan ke Bali karena satu dan lain hal. Karena dipindahkan, maka seharusnya kami juga memindahkan kegiatan B20 ke Bali, tetapi atas permintaan dan perjuangan dari Ketum Kadin NTT Bapak Bobby Lianto, dimana beliau meminta untuk kegiata Dialog Publik B20 tetap dilaksanakan di Labuan Bajo, kami melihat komitmen Kadin NTT yang luar biasa bekerja keras untuk daerahnya, akhirnya kami putuskan walau side event G20 dipindahkan ke Bali, tetapi side event B20 tetap di dilaksanakan di Labuan Bajo," urai Shinta.

Menurut Shinta, walau banyak menteri tidak bisa hadir secara ofline di Labuan Bajo, tetapi secara online tidak mengurangi dari hasil pertemuan ini. Apalagi Kadin NTT telah melakukan tindakan nyata melalui peresmian BETA PRINT & LA Moringa serta close loop atau Ekosistem Kemiteraan di Bidang Pertanian yang telah berjalan di NTT.

Menyikapi ini, Ketum Kadin NTT,

Bobby Lianto menyampaikan bahwa kesuksesan acara ini merupakan buah dari kerja keras bersama semua pemangku kepentingan. "Kita harus mempersiapkan diri dalam menyambut kegiatan yang jauh lebih besar tahun depan yang akan di helat di Labuan Bajo, yakni ASEAN Summit 2023. Kita siap bekerja keras lagi untuk menyambut dan menyukseskan pelaksanaan ASEAN Summit tahun depan. Salam kebangkitan ekonomi NTT
," ucap Bobby Lianto.

Bobby menyebutkan, dalam kegiatan Dialog Publik B20 di Labuan Bajo, hadir ratusan corporate dari manca negara. Mereka yang berkumpul di Labuan Bajo itu merupakan para pengusaha asal Eropa, USA, Germany, Dubai , India, Jepang, Philpine, Uni Emirates Arab, dan lainnya.

Yang menarik dari Dialog Publik B20 di Labuan Bajo itu, kata Bobby Lianto, ada beberapa konglomerasi yang telah menyatakan minat untuk berinvestasi di NTT. Guna menyambut hal ini,

Bobby mengaku menginisiasi sebuah acara khusus, yakni B20 NTT Invesment Forum yang berlangsung di Kupang pada 25 Oktober 2022 mendatang. (aln)

  • Bagikan