Tutup Pendaftaran Bacaleg, Gerindra Target Rebut Kursi Ketua DPRD

  • Bagikan
BERI KETERANGAN. Sekretaris Bapilu Gerindra Kota Kupang, Merry Salouw tampak memberikan keterangan pada pers di Kristal Hotel Kupang belum lama ini. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Partai Gerindra Kota Kupang resmi menutup pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Kupang pada 30 September 2022.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Gerindra Kota Kupang, Merry Salouw mengatakan, kuota Bacaleg DPRD Kota Kupang untuk Partai Gerindra telah terpenuhi bahkan over target.

Di Kota Kupang, kata Merry, ada lima Daerah Pemilihan (Dapil), dan semuanya penuhi target, termasuk kuota perempuan. Bahkan kuota perempuan sudah melewati ketentuan aturan yaitu 30 persen.

"Kami tetap optimis mendapatkan 8 kursi di DPRD Kota Kupang dan bisa merebut kursi Ketua DPRD karena semua yang mendaftar ini sangat potensial. Para Bacaleg ini datang dari berbagai kalangan, termasuk milenial," kata Merry Salouw yang juga mendaftar sebagai Bacaleg Dapil Kota Raja, Kota Kupang ini.

Merry melanjutkan, ada beberapa bacaleg milenial yang mendaftar ikut dalam pesta politik tahun 2024 nanti. Salah satunya jebolan The Voice Indonesia, King Dae Pani, dan Virginia Hayong. Ada juga mantan pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Elvianus Wairata dan para pendatang baru lainnya.

Selain itu, lanjut Merry, calon petahana yang mendaftarkan diri hanya 4 orang dari 5 orang anggota DPRD Kota Kupang saat ini, yaitu Thobia Pandie, Ayu Tallo, Roy Ricardus, dan Kristian Baitanu. Sementara Richard Odja tidak ikut mendaftar.

"Sampai penutupan pendaftaran Bacaleg, salah satu anggota DPRD Kota Kupang yang saat ini duduk di kursi legislatif tidak ikut mendaftar. Jadi kita tutup masa pendaftaran pada 30 September kemarin sesuai aturan dari Bapilu Gerindra Provinsi NTT," kata Mery saat diwawancarai Minggu (2/9).

Merry melanjutkan, Bapilu Kota Kupang akan terus bersama semua bacaleg untuk bekerja keras mendapatkan target yang ditetapkan serta bekerja menyumbang suara untuk Bacaleg DPRD Provinsi NTT Dapil I - II.

"Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kami Bapilu Kota Kupang untuk bekerja keras menyumbang suara bagi Bacaleg DPRD Provinsi NTT Dapil I dan DPR RI Dapil II," ujarnya.

Merry melanjutkan, tahapan selanjutnya adalah wawancara dan pembekalan bacaleg. Karena pendaftar bacaleg ini over target, maka Bapilu Kota Kupang bersama DPC Gerindra Kota Kupang akan menggodok semua Bacaleg agar dapat menentukan pilihan. Selanjutnya diusulkan ke Bapilu Provinsi NTT, selanjutnya dikirim ke Bapilu Pusat untuk penetapan nomor urut.

"Jadi final penetapan nomor urut ada di pusat. Kita juga akan melakukan pembelakan bagi semua kader termasuk mereka yang baru bergabung dengan Gerindra agar mereka lebih mengenal politik dan Gerindra," kata mantan Anggota DPRD Kota Kupang periode 2014-2019 ini. (*)

Penulis: Fenti Anin
Editor: Marthen Bana

  • Bagikan