Lanal dan Kodim Rote Ndao Tabur Bunga Peringati HUT TNI

  • Bagikan
SOLID. Dadim 1627/Rote Ndao Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan, dan Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien, bersama sejumlah pejabat serta dalam momen foto bersama usai menabur bunga, Senin (3/10). (FOTO: IST)


BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID--Tentara Nasiona Indonesia (TNI) memasuki usia ke-77 tahun di tahun 2022 ini. Untuk memperingati HUT Ke-77 TNI ini, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Pau Rote dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao, berkolaborasi untuk menabur bunga, Senin (3/10).

Tabur bunga tersebut dilaksanakan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Tulandale, Kelurahan Metina. Ini sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Selain TNI, sejumlah pejabat pemerintahan juga turut ambil bagian. Yakni, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, Kepala BNNK Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa, Kalapas Kelas III Ba'a, Daniel Saekoko, dan Camat Lobalain, Nusry Zacharias. Berikut, ibu-ibu Persit KCK Cab.XLII Dim 1627/Rote Ndao, Jalasenastri Cabang 4 DJA II dan Bhayangkari Cabang Rote Ndao.

"Kemarin, Senin (3/10) sama-sama kami lakukan tabur bunga, dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77," kata Komandan Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao, Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan, Selasa (4/10).

Menurutnya, tabur bunga merupakan salah satu dalam rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menyambut HUT TNI ke-77. Hal tersebut dilakukan dengan berdasar pada surat yang diterima dari Markas Besar TNI.

Yakni, didasarkan pada surat Nomor : B/3511-02/23/01/Spers tanggal 20 September 2022. Di mana, dalam surat tersebut, diinstruksikan untuk melaksanakan beberapa kegiatan sekaligus, untuk memperingati HUT TNI ke-77 tahun 2022.

"Sesuai arahan yang kami terima melalui surat dari Bapak Panglima TNI adalah, yang pertama, ziarah ke taman makam pahlawan atau tabur bunga. Kedua, bhakti sosial dan ketiga upacara peringatan," kata Bayu P. Bangsawan.

"Karena kita di Rote Ndao tidak ada makam pahlawan, sehingga tabur bunga adalah kegiatan pengganti dari ziarah. Ada juga kegiatan bhakti sosial atau Baksos yang sudah dilaksanakan," sambungnya.

Dikatakan, Baksos yang dilakukan dipusatkan di Panti Asuhan Yayasan Mercy Indonesia Cabang Rote Ndao, Desa Baadale, Kecamatan Lobalain. Dengan sejumlah paket bantuan Sembako, disalurkan ke panti tersebut.

"Kalau Baksosnya di panti asuhan Yayasan Mercy Indonesia. Di sana, bersama Lanal Pulau Rote, kami berbagi sedikit berkat kepada anak-anak kita. Walau sedikit, tapi kami berharap bisa bermaanfaat," ungkapnya.

Sedangkan terhadap puncak peringatanya, Bayu, mengatakan dilaksanakan hari ini, Rabu (5/10). Upacara yang bertepatan dengan HUT TNI, di tingkat Rote Ndao, dipusatkan di salah satu objek wisata pantai.

"Besok, Rabu (5/10) merupakan puncak peringatan HUT TNI. Dan pada upacara peringatan, dilaksanakan di pantai Tolanamon, Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan," kata Bayu. (kr7/ito)

  • Bagikan