Ini Daya Tarik Pantai Tolanamon Sehingga Jadi Lokasi Upacara HUT TNI di Rote

  • Bagikan
PERIKSA PASUKAN. Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol Inf. Bayu Panji Bangsawan memeriksa pasukan pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Pantai Tolanamon, Desa Inaoe Kecamatan Rote Selatan, Rabu (5/10). (FOTO: IST)

BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID--Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI tahun 2022 yang dilaksanakan Komando Distrik Militer (Kodim) 1627/Rote Ndao mengusung konsep promosi. Upacara peringatan HUT TNI Rabu (5/10) dilaksanakan di sebuah objek wisata pantai.

Upacara yang biasanya dipusatkan di Makodim, kali ini dilaksanakan di tempat yang memiliki potensi wisata. Tepatnya di Pantai Tolanamon di Desa Inaoe Kecamatan Rote Selatan.

"Pelaksanaan upacara HUT TNI ke-77 tahun ini kami pusatkan di Pantai Tolanamon di Desa Inaoe Kecamatan Rote Selatan. Tujuannya adalah untuk mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Rote Ndao," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan, saat dikonfirmasi media ini, Kamis (6/10).

Menurutnya, pemilihan lokasi tersebut sebagai puncak peringatan HUT TNI merupakan sebuah terobosan untuk terus memperkenalkan Tolanamon. Selain menjaga kedaulatan negara, TNI juga berperan membangun negeri. Salah satunya adalah dengan menaruh perhatian terhadap daerah-daerah yang memiliki daya tarik wisata.

Sebab, di Tolanamon, kata Bayu, memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Sehingga dari keunikannya, mampu memikat wisatawan untuk datang berkunjung.

Beberapa keunikan yang disebutnya, mulai dari kejernihan air laut yang berwarna hijau kebiruan, hingga eksotisnya batu-batu karang yang menjorok ke laut bak benteng mengapit pasir putihnya. Berikut tak sedikit spot-spot menarik untuk foto, dengan latar belakang lautan lepas, juga batu-batu karang yang menjulang.

"Pantainya sangat indah, dengan dua tebing batu karang yang mengapit pantai. Suasana juga tenang, karena jauh dari keramaian. Sehingga pikiran bisa tenang saat tiba di pantai ini," kata Bayu.

"Mau berekspresi apa saja bisa dilakukan di sana. Bisa foto-foto, tinggal dipilih spot yang disukai, karena sangat banyak spot fotonya. Bisa berenang juga, karena airnya sangat tenang dan jernih. Kemudian, bisa berjemur sambil menikmati keindahan alamnya yang begitu luar biasa," sambungnya.

Dikatakan, walau jauh, tetapi semua kelelahan langsung lunas terbayar. Sehingga dirinya tetap bertekad, untuk upacara peringatan dipusatkan di objek wisata tersebut.

"Jaraknya memang cukup jauh, sekitar satu jam lebih waktu perjalanan dari ibu kota Ba'a. Tapi jarak itu belum apa-apanya dibanding keindahan yang ada di pantai Tolanamon. Sehingga walau jauh, tapi tidak terasa ketika sampai di sana. Dan upacara kali ini berlangsung dalam suasana piknik," ungkapnya.

Sehingga dalam amanat yang disampaikan, selain dari panglima TNI, Dandim Bayu, menitipkan pentingnya untuk diperhatikan oleh segenap prajurit Kodim 1627/Rote Ndao. Bahwa sebagai prajurit TNI, mereka diminta untuk terus mengamankan wilayah kesatuan NKRI dengan mendukung program-program kerja pemerintah.

"Dengan semangat HUT TNI, seluruh prajurit, terutama prajurit TNI di wilayah Kodim 1627/Rote Ndao, diminta untuk selalu bekerja, berbuat dan mempersembahkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, demi kejayaan bangsa dan negara," ungkapnya. (kr7/ito)

  • Bagikan