Kapolri Pilih Irjen Toni Jadi Kapolda Jatim Ganti Irjen Teddy yang Tersangkut Kasus Narkoba

  • Bagikan
Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (FOTO: JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Jabatan Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang sudah di atas kertas dijabat Irjen Teddy Minahasa terpaksa lepas begitu saja ketika Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) itu ditangkap aparat karena tersangkut kasus narkoba.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo terpaksa membatalkan pengangkatan Irjen Pol Teddy Minahasa menjadi Kapolda Jawa Timur. Sebagai gantinya, Kapolri menunjuk Irjen Pol Toni Harmanto. Perwira tinggi ini sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. “Ya betul, pembatalan IJP TM,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jumat (14/10).

Dalam telegram tersebut, Irjen Teddy dimutasi menjadi Pati Yanma Polri. Sedangkan jabatan lama Toni akan diisi oleh Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jambi.

Sementara itu, Irjen Pol Rusdi Hartono yang awalnya ditunjuk menjadi Kapolda Sumatera Sumatera Barat diubah menjadi Kapolda Jambi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut Irjen Pol Teddy Minahasa sudah dilakukan penempatan khusus (patsus) di Divisi Propam Polri. Dia diamankan karena diduga terlibat kasus peredaran gelap narkoba.

“Tadi pagi sudah dilaksanakan gelar untuk sekarang dinyatakan terduga pelanggar dan sudah dipatsus,” kata Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/10)

Sigit menuturkan, kasus ini berawal dari pengungkapan kasus narkoba oleh Polda Metro Jaya. Awalnya ditangkap 3 orang warga sipil. Lalu setelah dikembangkan diduga melibatkan oknum polisi berpangkat Bripka dan Kompol.

Setelah dikembangkan lagi, ditemukan keterlibatan perwira berpangkat AKBP. Hingga akhirnya bermuara kepada Teddy. “Atas dasar itu kemarin saya minta Kadiv Propam untuk menjemput dan memeriksa Irjen TM,” jelas Sigit. (jpc/jpg)

  • Bagikan