Bawaslu Manggarai Awasi Verfak 7 Parpol, Begini Kata Herybertus Harun

  • Bagikan
Anggota Bawaslu Kabupaten Manggarai, Herybertus Harun bersama tim pengawas, saat mengawasi secara langsung proses Verfak Parpol di Sekertariat Partai Perindo, Senin (17/10). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai, mengawasi secara langsung proses Verifikasi Faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2024. Terdapat tujuh parpol yang diverifikasi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketujuh parpol yang menjalani verfak itu, yakni Partai Buruh, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Garuda, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Ummat. Kegiatan Verfak tujuh parpol itu berlangsung selama dua hari, yakni Minggu (16/10) dan Senin (17/10).

"Pengawasan secara langsung dari Bawaslu ini untuk memastikan proses verfak parpol yang dilakukan KPU Manggarai terhadap tujuh parpol, berjalan sesuai mekanisme, tata cara, dan prosedur," ujar anggota Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun, di sela-sela mengawasi secara langsung proses verfak kepengurusan parpol di Kota Ruteng, Senin (17/10).

Menurutnya, pelaksanaan verfak terhadap tujuh parpol itu setelah mereka lolos verifikasi administrasi oleh KPU.

Hery Harun mengatakan, verfak kepengurusan parpol tingkat Kabupaten Manggarai, dilakukan untuk membuktikan kepengurusan parpol, memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen pada susunan pengurus parpol.

Selain itu, lanjunya, terkait domisili kantor tetap pada kepengurusan parpol sampai tahapan terakhir Pemilu. Pengawasan langsung proses verfak kepengurusan parpol pada hari pertama, Minggu (16/10) sudah dilaksanakan terhadap Partai Buruh, PKN, Garuda, dan PSI. Sementara hari kedua, Senin (17/10) Verfak terhadap partai, Partai Perindo, Hanura, dan Partai Ummat.

"Dalam melaksanakan Verfak ini, kami dari Bawaslu Manggarai telah membagi tiga tim pengawasan yang terdiri dari ketua dan anggota beserta jajaran sekretariat Bawaslu Manggarai," kata Harun. 

Menurut Hery, dalam pengawasan verfak hari pertama, Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia bersama tim pengawasan, melakukan pengawasan langsung terhadap Partai Garuda. Sementara anggota Bawaslu Manggarai, Fortunatus H. Manah bersama tim, melakukan pengawasan langsung di PKN dan PSI. Kemudian anggota Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun beserta tim  pengawasan melakukan pengawsan langsung di Partai Buruh.

"Pada hari kedua Verfak, saya sendiri bersama tim pengawas melakukan pengawasan langsung di partai Perindo. Sementara Ketua Marselina di Partai Hanura, dan anggota Bawaslu Fortunatus di Partai Ummat yang lokasi di Reo, ibu kota Kecamatan Reok," sebut Hery Harun.

Hery menambahkan, pada saat proses verfak kepengurusan parpol, tim pengawasan Bawaslu Manggarai dan verifikator KPU Manggarai, diterima secara langsung jajaran struktural partai politik tingkat kabupaten di sejumlah kantor atau sekretariat parpol. Kegiatan verifikasi itu berlangsung lancar dan tertib. (*)

Penulis: Fansi Runggat
Editor: Marthen Bana

  • Bagikan