Pejabat Fungsional Diharap Manfaatkan Perpustakaan Ditjen Imigrasi untuk Karya Ilmiah

  • Bagikan
PESERTA SOSIALISASI. Peserta kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi pose bersama usai kegiatan di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Rabu (19/10/2022). (FOTO: KANIM KUPANG UNTUK TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Bertempat di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang (Kanim Kupang), jajaran UPT Keimigrasian di Lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT mengikuti Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi secara luring maupun daring Rabu, (19/10/2022).

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi ini dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT, I. Ismoyo dan menghadirkan tim pengelola Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai narasumber.

"Keberadaan perpustakaan ini dapat dimanfaatkan untuk penunjang pelayanan publik, dalam rangka literasi bahan unggulan dan tulisan-tulisan dari para pemangku jabatan fungsional serta dapat juga dimanfaatkan bagi pihak eksternal karena memiliki berbagai koleksi buku, koran dan majalah baik fisik maupun digital," ucap Ismoyo membuka kegiatan.

Dalam pemaparannya, Fipit Fatimah selaku narasumber menjelaskan beberapa hal tentang perpustakaan milik Direktorat Jenderal Imigrasi diantaranya koleksi buku, kemudian sarana dan prasarana yang dimiliki serta layanan yang diberikan. Kemudian Fipit juga menjelaskan bahwa Perpustakaan Direktorat Jenderal Imigrasi juga memanfaatkan sarana berbasis digital dalam bentuk aplikasi Epusimigrasi, JDIH, SLIMS dan Repository.

"Terkait dengan keberadaan analis keimigrasian yang memerlukan bahan-bahan dalam penulisan karya tulis, dapat mengajukan apa yang diperlukan dalam pembuatan karya tulis baik itu berupa jurnal, buku fisik atau digital dan kita akan memfasilitasinya," ujar Fipit.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kasubid Informasi Keimigrasian, Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTT, Esau Mesias L. Fanggi, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang, Heksa A. Soepriadi, pejabat struktural Kanim Kupang yang mengikuti secara luring dan UPT Keimigrasian di luar Kupang yang mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom. (yp/ito)

  • Bagikan