Targetkan 100 Kursi di DPR, PKB Incar Caleg Terbaik

  • Bagikan
Waketum DPP PKB, Jazilul Fawaid saat menyerahkan uniform PKB untuk kader teranyarnya, Jimmi WB Sianto (kanan), Jumat (16/9) siang. (FOTO: RESTI SELI/TIMEX)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Menghadapi Pemilu 2024, partai politik yang saat ini tengah mengikuti tahapan verifikasi faktual oleh KPU tengah bersiap dengan sejumlah target.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya merupakan parpol pertama yang dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Berbagai langkah dan strategi mulai disusun demi mencapai target meraih 100 kursi DPR dalam pemilu legislatif nanti.

Menjadi satu-satunya partai politik (parpol) yang tidak perlu memperbaiki dokumen verifikasi administrasi (vermin), PKB sejatinya secara matematis lolos sejak September. Namun, kepastian itu baru muncul setelah pengumuman hasil vermin pada Jumat (14/10).

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan, keputusan KPU itu menjadi penyemangat bagi para pengurus dan kader. Fokus selanjutnya adalah menjaring calon anggota legislatif (caleg) terbaik. Dia mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk maju bersama PKB.

Menurut dia, pemilihan kendaraan politik yang tepat harus menjadi perhatian khusus seorang caleg. ”Ini penting karena ada aturan ambang batas parlemen. Meski perolehan suara individu banyak, kalau parpolnya nggak lolos Senayan, suaranya mubazir,” terangnya.

Menurut dia, dengan elektabilitas PKB yang terus menunjukkan tren peningkatan dari waktu ke waktu, para caleg berpeluang besar lolos ke Senayan. Tentu syaratnya caleg tersebut harus memiliki kapasitas, rekam jejak yang baik, dan dekat dengan masyarakat.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Bidang Pemenangan Pemilu Jazilul Fawaid menjelaskan, partainya menyasar daerah pemilihan (dapil) yang selama ini belum mampu berkontribusi. Beberapa dapil Jawa Barat dan Banten diharapkan bisa menyumbang tambahan kursi bagi PKB.

”Kami sudah mempersiapkan caleg yang berkualitas. Selain dari kader PKB sendiri, ada juga caleg yang berasal dari partai lain. Tidak perlu saya sebutkan asal partainya sebelumnya.”

Untuk mencapai target kursi, lanjut Jazilul, pihaknya juga terus mempromosikan Muhaimin sebagai calon presiden. Langkah tersebut diharapkan memberikan coat-tail effect atau efek ekor jas bagi perolehan suara partai. (lum/c14/bay/JPG)

  • Bagikan