Bupati Edi Endi Gerilya dari Desa ke Desa Lantik Kades Terpilih

  • Bagikan
LANTIK. Bupati Mabar, Edi Endi saat melantik Kades Tengku, Kades Compang Suka, dan Kades Golo Wedong. (FOTO: HANS BATAONA/TIMEX)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Manggarai Barat (Mabar), Edistasius Endi bergerilya dari desa ke desa dalam wilayah itu untuk melantik para kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan langsung bulan lalu.

Seperti disaksikan TIMEX, Bupati yang akrab disapa Edi Endi didampingi sejumlah pejabat setempat keluar masuk desa-desa terpencil untuk melantik para kades terpilih. Sejumlah kades yang telah dilantik dan diambil sumpah jabatan itu, berada di wilayah Kecamatan Ndoso dan Kuwus serta Kuwus Barat. Mereka adalah Kades Lumut, Tarsisius Tening, Kades Waning, Aloysius Palfon, Kades Lawi, Rudiyanto Jemali, dan lainnya.

Kepada para kades di hadapan warga masyarakat yang hadir, Bupati Edi Endi menitipkan pesan untuk bekerja keras mengatasi stunting demi melahirkan generasi emas Mabar ke depan. Tidak hanya itu. Bupati Edi juga meminta para kades agar ketika mengusulkan anggaran ke depan supaya bersama kepala Puskesmas.

Hal ini sudah menjadi komitmen bersama. Tidak hanya itu, dia menegaskan peran BUMDes lebih besar sebagai pusat ekonomi di desa untuk memotong mata rantai rentenir. "Ini penting untuk menekan kemiskinan," tegasnya.

Para kades, lanjut Bupati Edi, juga diminta agar selalu mengimbau warganya menanam dan menanam sayur, buah dan hasil pertanian lain untuk menjawab kebutuhan pariwisata. "Jangan kita hanya menjadi penonton di tanah sendiri," pesannya.

Bupati Edi juga mendorong para kades mengupayakan pendidikan usia dini bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu. Dirinya juga mengingatkan disiplin bagi seluruh staf desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Warga Desa Lawi, Aloysius Nabat berharap kepala desa yang sudah dilantik dapat bekerja lebih baik dari sebelumnya. "Saya punya harapan kades baru lebih baik, bekerja sungguh-sungguh untuk masyarakat Lawi supaya lebih baik," harapnya. (Kr2)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan