Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Ngada Lantik 36 Anggota Panwascam

  • Bagikan
PELANTIKAN. Suasana pelantikan 36 anggota Panwascam oleh Ketua Bawaslu Ngada, di lantai 3 Hotel Corina, Kota Bajawa, Ngada, Kamis (27/10). ( FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

BAJAWA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sebanyak 36 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) resmi dilantik Bawaslu Ngada bertempat di lantai 3, Hotel Corine, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, Kamis (27/10) malam. Setelah pelantikan ini, ke-36 anggota Panwascam mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) selama tiga hari.

Bupati Ngada, Andreas Paru yang diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan, Kristian Haning mengatakan, tugas Panwascam adalah mencegah dan menindak berbagai pelanggaran Pemilu ditingkat kecamatan.

Anggota Panwascam, kata Kristian, bertugas membantu Bawaslu mengawasi seluruh tahapan Pemilu yang dilaksanakan KPU di wilyah kecamatan.

"Mencegah terjadinya praktik politik uang ditingkat kecamatan. Mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang. Mengevaluasi pemilu tingkat kecamatan. Bererangkat dari pengalaman Pemilu yang lama, kita berharap semua berjalan seusai regulasi yanh berlaku," harap Kristian.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngada, Sebastianus Fernandez, SE mengatakan, ke-36 anggota Panwascam yang dilantik itu akan bertugas di 12 kecamatan di Kabupaten Ngada. Setiap kecamatan ditempatkan 3 orang Panwascam. "Menurut kami, mereka yang terpilih ini mempunyai integritas dan kemampuan sehingga kami menganggap mereka pas," ujarnya.

"Target kami, netralitas adalah fokus utama kami. Hal tersebut dikarenakan Pemilihan Umum tahun 2024 adalah pemilihan yang kompleks. Sehingga netralitas akan kami jaga begitu ketat. Kami juga akan memberikan edukasi dan pendekatan ke setiap instansi melalui surat dan kepada masyarakat," jelasnya.

Untuk ketahui, pelantikan 36 anggota Panwascam di Ngada dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan, Kristian Haning, Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke, SE, Ketua Bawaslu Ngada, Sebastian Fernandeslz, SE, bersama jajaran, dan Kapolres Ngada, AKBP Padmo Arianto SIK.

Hadir juga Pastor Seminari Mataloko, RD. Dinno Amawawa. Kasi Pidum Kejari Ngada, Rachmad, Kasi Datun, Roy Tua Hakim, Danramil 01, L. Maryadi Akbar. (*)

Penulis: Saver Bhula

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan