Polda NTT Siapkan 750 Personil Demi Amankan KTT G20

  • Bagikan
Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma didampingi PJU Polda NTT tengah memantau alat penjinak bom usai apel gelar pasukan pengamanan G20 di Mapolda NTT, Kamis (10/11). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota G20 di Bali akan berakhir pada 20 November 2020. Untuk memperlancar kegiatan dan memastikan keamanan berlangsung aman dan lancar, Polda NTT ikut menyiagakan sebanyak 750 personil.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Johni Asadoma usai apel gelar pasukan di Mapolda NTT, Kamis (10/11)menjelaskan, pihaknya menyiapkan personil, baik dari Polda NTT maupun Polres Manggarai Barat guna mengantisipasi adanya kebutuhan tambahan personil di Polda Bali.

"Kita gelar pasukan ini sebagai bentuk persiapan pengamanan KTT G20. Sebagai Polda tetangga, kita siapkan memang, agar ketika dibutuhkan, tinggal digeser. Begitu pula dengan Polres Manggarai Barat kita siap bantu," katanya.

Menurut Johni, personil tersebut dipersiapkan sejak awal agar ketika dibutuhkan bantuan personil di Bali, langsung dikerahkan. Di Manggarai Barat merupakan wilayah destinasi wisata, karena itu tentu banyak pengunjung ke lokasi tersebut sehingga pengawasan juga dipersiapkan.

Dikatakan semua unsur dilibatkan dalam persiapan pergeran personil tersebut karena semua memiliki peran penting dalam mensukseskan kegiatan internasional tersebut.

"Semua tamu yang datang ke Indonesia harus mendapat pelayanan prima, dan harus aman serta nyaman," ungkapnya.

Untuk diketahui, persiapan persoalan tersebut dilakukan melalui apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolda NTT, Irjen Pol. Johni Asadoma. Hadir Wakapolda NTT serta pejabat utama Mapoda NTT. Apel gelar pasukan itu berlangsung di Lapangan Ricky Sitohang.

Selain memastikan pasukan siap, jenderal polisi dengan dua bintang itu juga turut memeriksa kendaraan dan alat pendukung mulai dari mobil, K9, kendaraan roda dua, dan personilnya serta alat penjinak bom. (r3)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan