Kopdit Pintu Air Resmikan Tiga Cabang di Luar NTT

  • Bagikan
CABANG BARU. Pimpinan dan karyawan Kopdit Pintu Air Cabang Palangka Raya yang akan diresmikan, Sabtu (19/11). (FOTO: IST)

PALANGKA RAYA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Dalam sepekan ke depan, KSP Kopdit Pintu Air akan meresmikan tiga kantor cabang baru di luar NTT yaki di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Sengata di Kalimantan Timur dan Cabang Dompu di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan peresmian ketiga kantor cabang tersebut akan dilakukan secara estafet mulai Sabtu (19/11/2022) di Palangka Raya. Lalu Selasa (22/11/2022) Cabang Sengata Kalimatan Timur dan Cabang Dompu NTB pada Sabtu (26/11/2022).

Adapun ketiga kantor tersebut telah hadir dan beroperasi melayani masyarakat sejak tahun 2019 dan kini saatnya dinaikan statusnya dari Kantor Cabang Pembantu (KCP) menjadi Kantor Cabang.

Sektretaris II Pengurus Pusat KSP Pintu Air Tonceanus Jawa mengatakan Cabang Palangka Raya merupakan kantor Cabang ke-56 yang telah memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia di daerah itu.

Sebelumnya, Kopdit Pintu Air telah hadir dan melayani warga masyarakat nusantara di 55 Kantor Cabang di 20 Provinsi di Indonesia.

Acara peresmian Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Palangka Raya, Sabtu (19/11) dipastikan dihadiri langsung tokoh koperasi nasional yang juga Wakil Bupati Sikka Romanus Woga serta sejumlah tamu VIP dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Koperasi Kota Palangka Raya, mitra gerakan koperasi kredit dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Saat ini, Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano telah berada di Kota Palangka Raya bersama Ketua Pengawas Bernabas Hening, General Manager KSP Kopdit Pintu Air Gabriel Pito Sorowutun, Penasehat Rohani Pater George Kirlberger,SVD, Wakil Ketua III Vinsensius Deo bersama staf sekretariat Tarsisius Aman dan Trudis Lake.

Menurut Tonce, acara peresmian didahului dengan Misa Syukur yang dipimpin Pater George Krilberger,SVD selaku penasehat rohani Kopdit Pintu Air dan imam konselebran serta dimeriahkan oleh koor dari umat setempat.

Usai misa akan dilanjutkan dengan penjemputan tamu VIP dari pemerintah provinsi dan kota Palangka Raya kemudian dilakukan acara seremonial peresmian kantor oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin atau pejabat yang mewakili.

Adapun Kantor Cabang Palangka Raya sudah mengantongi Izin Pendirian dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya

Terpisah, Ketua Komite Cabang Pembantu (KCP) Palangka Raya Sirilus Satban mengatakan persiapan peresmian Kantor Cabang Palangka Raya sudah mencapai 95 %.

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dijadwalkan meresmikan Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Palangkaraya, Sabtu, (19/11/2022) di Kompleks Soverdi Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya.

Dengan peningkatan Kantor Cabang Palangka Raya dari KCP diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan bagi warga masyarakat Kota Palangka Raya dan juga Provinsi Kalimatan Tengah pada umumnya dalam mengkases fasilitas layanan simpan pinjam berbasis koperasi.

Sirilus menjelaskan KCP Palangka Raya sudah berdiri sejak tahun 2019 dan telah memiliki jumlah anggota 847 orang. Total asset yang ada saat ini adalah Rp 6 miliar lebih.

Mayoritas anggota KSP Kopdit Pintu Air Palangka Raya didominasi oleh masyarakat Dayak, para pendatang termasuk warga Diaspora Nusa Tenggara Timur yang bekerja di Kalimantan Tengah.

Ia menjelaskan dana pinjaman yang digulirkan saat ini lebih banyak untuk kepentingan pengembangan UMKM termasuk sekitar 25% oleh para buruh yang bekerja di perkebunan kelapa sawit.

Untuk diketahui, KSP Kopdit Pintu Air adalah salah satu koperasi peringkat satu nasional. Saat ini jumlah anggota Pintu Air sebanyak 335.550 orang lebih yang tersebar di 55 cabang di 20 provinsi di Indonesia dengan total asset Rp 1,7 triliun lebih.

Adapun Cabang Palangka Raya sebelumnya adalah salah satu Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berkoordinasi langsung dengan kantor pusat KSP Kopdit Pintu Air yang beralamat di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ito)

  • Bagikan