SD/SMP Swasta Angkasa Lanud El Tari Gelar Penyisihan AMSO

  • Bagikan
Yayasan Ardhya Garini menggelar AMSO ke-6 tahun 2022 untuk seluruh Sekolah Angkasa di Indonesia. Salah satunua Sekolah Angkasa, Penfui, Kupang. (FOTO: RESTI SELI/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Yayasan Ardhya Garini kembali menggelar Angkasa Mathematic and Science Olympiade (AMSO) ke-6 tahun 2022 untuk seluruh Sekolah Angkasa di Indonesia.

SD/SMP Swasta Angkasa Lanud El Tari Kupang, yang juga bernaung dibawah yayasan tersebut turut melibatkan siswa/i nya dalam olimpiade tersebut, dengan mengadakan babak penyisihan, pada Selasa (15/11).

AMSO diikuti oleh siswa SD kelas 4 dengan mata pelajaran IPA dan Matematika. Sedangkan, SMP diikuti oleh kelas 7-8 dengan pelajaran IPA, IPS dan Matematika. Dengan tahapan babak penyisihan, seleksi, final dan grand final.

Ketua Yayasan Adhya Garini cabang Lanud El Tari Kupang, Ny. Simone Aldrin, menjelaskan, AMSO bertujuan untuk meningkatkan minat sekaligus kapasitas siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika.

Menurutnya, AMSO merupakan ajang positif yang mampu membuat siswa mengukur standar kemampuannya untuk bersaing dengan sekolah lainnya.

"Siswa bisa mengetahui kemampuannya apabila disandingkan dengan seluruh Indonesia. Sehingga, ini menjadi ajang yang sangat baik dan poisitif bagaimana kita bisa mengukur standarnya," jelas Simone.

Ia menambahkan, guru dan pihak sekolah pun mampu menjadikan AMSO sebagai kesempatan untuk mempersiapkan dan meningkatkan mutu pembelajaran demi memajukan siswa.

"Guru bisa mempersiapkan diri, berpikir kreatif dalam mempersiapkan siswa berkompetisi, sehingga ini juga menjadi pembuktian bahwa guru benar-benar memberikan yang terbaik," ujarnya.

Dengan begitu, seluruh warga sekolah dapat bersama-sama memajukan sekolah terlebih lagi meningkatkan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Timur.

"Kita wilayah Timur sering dipandang sebelah mata, karena itu lewat AMSO, mari kita buktikan bahwa kita juga pantas untuk bersaing," tegasnya.

Ia menyinggung, pada AMSO ke-5 tahun 2021, SMP Swasta Angkasa Lanud El Tari berhasil membawa pulang 7 kemenangan. Hal itu tentunya menjadi rambu-rambu keras bahwa NTT punya potensi dan daya saing yang tinggi.

Sementara itu, Kepala SMPS Angkasa Lanud El Tari, Sebastianus Bali Demon, mengatakan, soal-soal yang diberikan kepada siswa merupakan soal yang telah dipelajari. Sehingga, ia berharap siswa dapat mengerjakan soal dengan baik. Dalam melaksanakan babak penyisihan, siswa SMP diawasi oleh Dinas TNI Angkatan Udara. "Pengerjaan soal diawasi oleh Dinas TNI AU," jawabnya.

Sebastianus berharap, para siswa bisa memberikan yang terbaik sehingga bisa memperoleh hasil yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kepala SDS Angkasa Lanud El Tari, Halijah Wajanaga, menjelaskan, olimpiade AMSO merupakan kali pertama diikuti oleh siswa/i nya. "Ini perdana untuk kami, karena baru ada kelas 4," tuturnya.

Ia menambahkan, telah mempersiapkan para siswa selama 5 bulan untuk mengikuti AMSO. Ia pun berharap, para siswa mampu berkompetisi dan memberikan yang terbaik.

"Ini ajang kompetisi, tentu harapannya mereka bisa bersaing. Tetapi yang penting mereka bisa berkompetisi dulu, kalau menang itu bonus," ujarnya. (Cr1)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan