Serahkan Alat Tangkap Ikan Bagi Nelayan Atapupu, Ini Harapan Bupati Agus Taolin

  • Bagikan
SERAHKAN. Bupati Belu, Agustinus Taolin didampingi Wabup Aloysius Haleserens saat menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan di Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Selasa (22/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Belu, Agustinus Taolin bersama Wakil Bupati (Wabup) Aloysius Haleserens menyambangi kelompok nelayan di Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Selasa (22/11).

Dalam kunjungan tersebut, bupati bersama wabup menyerahkan bantuan berupa alat penangkap ikan kepada kelompok nelayan di Atapupu. Alat tangkap ikan yang diserahkan tersebut diantaranya 20 unit perahu, 20 unit motor tempel, 100 unit cool box, 200 unit life jacket, 180 unit pancing, dan 100 unit senter.

Perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu kepada nelayan di kabupaten tersebut merupakan realisasi dari program kerja yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Bupati Belu, Agustinus Taolin kepada TIMEX, Selasa (22/11) mengatakan, bantuan yang diserahkan ini tidak lain untuk memperhatikan masyarakat nelayan yang beroperasi di wilayah Pantai Utara Atapupu.

Menurut Bupati Agus, bantuan tersebut juga bertujuan mendukung program kemaritiman yang dicanangkan Presiden Jokowi, karena potensi bidang kelautan tersebut sangat tinggi. Apalagi sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi lautan sehingga masyarakat pesisir andalannya adalah sektor kelautan.

"Presiden Jokowi dan Gubernur NTT sangat serius dan fokus memberi perhatian kepada program yang berkaitan dengan kemaritiman di wilayah perbatasan RI-RDTL. Perhatian ini harus disikapi dengan kerja keras untuk melayani masyarakat di pesisir dalam meningkatkan kualitas perikanan tangkap di daerah ini," jelas Bupati Agus.

Bupati Agus menambahkan, bantuan itu diperuntukkan bagi nelayan di Desa Fatuketi, Dualaus, Jenilu, Leosama, Kenebibi, dan Silawan. Desa-desa ini tersebar di Kecamatan Kakululuk Mesak dan Tasifeto Timur.

Bupati Agus berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin, guna meningkatkan taraf hidup atau perekonomian masyarakat nelayan setempat. “Yang paling penting dengan bantuan ini, kesejahteraan masyarakat kita khususnya nelayan bisa lebih baik lagi," tandasnya.

Ketua Komisi II DPRD Belu, Elvis Domingos Pedroso mengapresiasi Pemkab Belu yang terus berupaya memberdayakan masyarakat kawasan pesisir di Kecamatan Kakuluk Mesak dan Tasifeto Timur.

"Tentunya kita semua sudah tahu bahwa pemerintah mendukung semua kebutuhan rakyat, khususnya masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Belu, lebih khusus masyarakat Kakuluk Mesak dan Tasifeto Timor," ungkapnya.

Elvis menambahkan, bantuan tersebut terealisasi atas perjuangan Pemerintah dan DPRD Belu sebagai mitra Dinas Perikanan Kabupaten Belu selama kurun waktu 2021-2022.

"Tahun lalu ada 8 kelompok yang juga memperoleh bantuan seperti ini. Bantuan ini tidak datang dengan sendirinya. Bantuan ini datang atas permintaan dan verifikasi dari dinas terkait sehingga hari ini bapa mama bisa terima bantuan ini," tandasnya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Elvis berharap Bupati dan Wakil Bupati Belu, serta Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua dapat meningkatkan anggaran, sehingga bisa mencapai 30-40 kelompok nelayan.

"Hal ini untuk menjawab keluarga baru yang saat ini sedang bergabung dengan keluarga lain, sehingga mereka bisa mandiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," tuturnya.

Elvis menilai, motor tempel bantuan saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan para nelayan, mengingat kapasitas motor ketinting dengan 9 PK sulit menjangkau perairan yang lebih luas.

"Sedangkan untuk menangkap ikan terbang saja, nelayan kita harus sampai di perairan Alor dan mesin yang pas adalah 15 PK. Semoga ke depan para nelayan bisa mendapatkan bantuan mesin 40 PK," pinta Elvis.

Dia berharap bantuan kepada para nelayan dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan nelayan semakin produktif. "Kami akan terus bekerja sama dan mendukung pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di daerah pesisir," pungkasnya. (Kr5)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan