Kalah Beruntun, Qatar Ukir Sejarah di Piala Dunia

  • Bagikan
Pemain Senegal melakukan selebrasi usai membobol gawang Qatar di penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11) malam Wita. (FOTO: JawaPos.com)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Qatar kembali menelan kekalahan pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2022. Tim asuhan Felix Sanchez kalah 1-3, menghadapi Senegal di Al Thumama Stadium, Jumat (25/11).

Selain kalah, Qatar terancam menjadi tim pertama yang angkat koper dari ajang Piala Dunia. Meski begitu, Qatar mampu menciptakan sejarah di Piala Dunia. Bagaimana tidak, salah satu pemainnya, Mohammed Muntari, menjadi pemain Qatar pertama yang mampu mencetak gol di pentas Piala Dunia.

Qatar sendiri baru pertama kali tampil di Piala Dunia yakni tahun ini sebagai tuan rumah dan harus terhenti perjuangannya terlebih dahulu. Nol poin dari dua laga awal di fase grup membuat peluang Qatar melaju ke babak berikutnya sangat berat. Qatar dipastikan tersingkir andai Belanda mampu meraih poin saat menghadapi Ekuador pada Jumat (25/11) malam WIB.

Seperti diketahui, sebelum Piala Dunia 2022 digelar, sepanjang sejarah hanya Afrika Selatan tuan rumah yang gagal di fase grup. Kala itu, Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Afsel gagal bersaing dengan Uruguay dan Meksiko yang mewakil Grup A melaju ke babak berikutnya.

Kini, jejak Afsel berpotensi diikuti Qatar. Setelah kalah 0-2 dari Ekuador pada laga pertama, Qatar kalah 1-3 dari Senegal pada laga kedua.

Sementara bagi Senegal, kemenangan tersebut membuka peluang untuk melaju ke babak berikutnya. Lions of Teranga-julukan Timnas Senegal, pernah tampil memukau di Piala Dunia 2002. Tak hanya lolos dari fase grup, Senegal bahkan mampu mencapai perempat final. Pencapaian itu yang diharapkan bisa diulangi Senegal di Piala Dunia 2022.

Secara permainan, Qatar cukup mampu mengimbangi Senegal. Itu terbukti dari jumlah tembakan ke gawang. Qatar melepaskan 10 tembakan, berbanding dengan 12 milik Senegal. Tembakan on target 3 berbanding 4.

Hanya saja, finishing touch Senegal lebih unggul. Pada babak pertama, Senegal mencetak 1 gol lewat Boulaye Dia pada menit 41. Gol tersebut tak lepas dari kesalahan pemain Qatar, Boualem Khoukhi dalam menghalau bola. Khoukhi terjatuh saat mengontrol bola sehingga bisa dimanfaatkan oleh Boulaye Dia.

Babak kedua baru berjalan 3 menit, Senegal menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Famara Diédhiou lewat sundulan. Famara Diédhiou memanfaatkan umpan sepak pojok dari Ismail Jakobs.

Upaya Qatar untuk menciptakan sejarah berhasil lewat sundulan Mohammed Muntari pada menit 78. Muntari menjadi pemain Qatar pertama yang mencetak gol di pentas Piala Dunia. Muntari memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan Ismail Mohammed.

Hanya saja, Qatar tak bisa menghindarkan dari kekalahan. Senegal kembali menjauh setelah Bamba Dieng mencetak gol pada menit 84 usai menerima umpan dari Iliman Ndiaye. Senegal unggul 3-1 dan skor bertahan hingga laga berakhir. (r3/JPG).

  • Bagikan