Atasi Sampah, Pemkot Bangun TPA Baru Tahun Depan

  • Bagikan
IST. TPA ALAK. Tampak tumpukan sampah yang berserakan di TPA Alak Kota Kupang.

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru. TPA untuk pembuangan sampah itu akan dibangun di Kecamatan Alak.

Rencana pembangunan TPA baru ini tidak terlepas dari sampah yang kian menumpuk di TPA Alak. Pemkot mendapat suntikan dana dari Kementrian PUPR untuk pembangunan tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK), Orson Nawa mengatakan, dana itu bersumber dari dana direktif Menteri PUPR. Meski belum mengetahui secara detail besaran anggaran, Orson memastikan pembangunan itu dikerjakan tahun depan.

"Kami dengar langsung dari bapak menteri PUPR waktu berkunjung ke Kota Kupang," katanya.

Sebelumnya, DLHK telah menyiapkan dokumen lingkungan. Pihaknya kemudian mengajukan ke Balai Permukaan di NTT. Oleh Balai, kata dia, ditindaklanjuti dengan pembuatan rencana pembangunan.

Dengan dokumen yang ada, ketika kunjungan menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Kupang, DLHK berkomunikasi melalui Penjabat Wali Kota George Hadjoh untuk menyampaikan maksud demikian.

Komunikasi itu kemudian berbuah dengan persetujuan dari Menteri Basuki. Saat itu, langsung dilakukan survey ke lokasi.

"Jadi memang kami juga sudah siap dengan ada pemilihan dan penambahan lahan yang ada," sebutnya.

Rencananya, lahan yang akan digunakan sebesar 4,3 hektare. Dalam waktu dekat, dinas melakukan pembersihan sehingga paling lambat bulan Januari 2023 proses pembangunan sudah mulai dilaksanakan. (r2)

  • Bagikan