Rayakan HUT, IDI Cabang Kupang Siap Bantu Pemerintah Turunkan Angka Stunting

  • Bagikan
IST. BERSAMA. Anggota ID Cabang Kupang berpose bersama di Kantor Gubernur Provinsi NTT usai melakukan jalan santai, di Jalan El Tari, Sabtu (26/11).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kupang kembali merayakan HUT ke-82 IDI. Perayaan ini dilakukan di arena Car Free Day, jalan El Tari Kupang, Sabtu (26/11).

Panitia perayaan HUT IDI Cabang Kupang, dr Tince Nalle, mengatakan, IDI Cabang Kupang merayakan HUT IDI dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, untuk memberikan pelayanan kesehatan lebih baik kepada masyarakat.

IDI Cabang Kupang sendiri memiliki wilayah pelayanan yang sangat luas karena meliputi tiga kota/kabupaten diantaranya Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Sabu Raijua.

Rangkaian HUT kali ini, IDI Cabang Kupang menggelar beragam kegiatan pelayanan kesehatan. "Kami juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di area car free day, zumba bersama dan jalan santai serta game lainnya untuk memeriahkan HUT IDI," katanya, Sabtu (3/12).

dr Tince menjelaskan, puncak perayaan HUT IDI juga bekerjasama dengan Prodia, Bank Syariah Indonedia dan stakeholder lainnya.

Dengan semangat HUT, dr Tince menyebut, pihaknya terus melakukan berbagai upaya dan tindakan pelayanan kesehatan untuk membantu pemerintah dalam menangani dan pencegahan stunting di NTT.

Selain itu, IDI Cabang Kupang juga akan berkolaborasi dengan pemerintah untuk menurunkan angka stunting dan mencegah stunting terjadi pada anak.

"Kita akan bekerjasama dengan semua Puskesmas yang ada dan juga Dinas Kesehatan Provinsi NTT, kabupaten dan kota, untuk memberikan edukasi bagi ibu hamil, calon ibu atau pasangan pra nikah, agar bisa mencegah melahirkan bayi stunting," ujarnya.

Untuk penanganan stunting, lanjut dia, ini bukan hanya dilakukan ketika anak sudah lahir tetapi sejak dalam kandungan. Bagaimana seorang ibu bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar bayi lahir sehat.

"Yang terlibat dalam puncak perayaan HUT IDI yang digelar oleh IDI Cabang Kupang ini sebanyak 70 orang dokter yang tersebar di wilayah IDI Cabang Kupang," ujarnya.

Hadir dalam acara ini, Ketua IDI NTT, dr Stefanus Soka, Ketua IDI Cabang Kupang dr Widhitomo Marino, dr Elrick Malelak dan dokter-dokter senior lainnya. (r2)

  • Bagikan