Bawaslu NTT Raih Predikat Informatif dan Terbaik 1 dari Komisi Informasi NTT

  • Bagikan
Anggota Bawaslu NTT, Yuanita Wake saat menerima penghargaan dari Ketua KI NTT, Agustinus Bole Baja di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT, Rabu (7/12). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komisi Informasi (KI) NTT sebagai lembaga yang mempunyai kewenangan mengevaluasi setiap lembaga publik di NTT dalam memberikan informasi kepada publik, hari ini melaksanakan kegiatan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik di Aula El Tari, Kantor Gubernur NTT. Hadir saat itu, Pelaksana tugas (Plt.) Sekda NTT, Yohanna Lisapally mewakili Gubernur NTT.

Penghargaan tersebut juga diterima oleh Bawaslu Provinsi NTT yang diwakili anggota Bawaslu NTT, Magdalena Yuanita Wake, SH., MH. Bawaslu NTT mendapat predikat sebagai lembaga Infomatif dalam kategori Pengawas Pemilu tingkat provinsi.

"Penghargaan ini adalah bukti nyata kerja kolektif semua unsur Bawaslu Provinsi NTT sebagai lembaga publik dalam tanggung jawabnya memberikan informasi publik dengan lebih transparan," ujar Nita --sapaan akrab Yuanita Wake dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/12).

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengekta Bawaslu NTT itu menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun kedua Bawaslu Provinsi NTT menerima penghargaan dengan predikat informatif dari Komisi Informasi NTT. "Namun tahun ini lebih istimewa karena Bawaslu NTT juga meraih predikat Terbaik 1," ucapnya.

Nita menyebutkan, pada 2021 lalu, Bawaslu NTT menerima penghargaan dari Bawaslu RI dalam predikat Infomatif, untuk tahun 2022 tanggal 10 November Bawaslu RI juga kembali memberikan penghargaan yang sama kepada Bawaslu NTT.

"Ini bagian dari apresiasi yang kita terima. Tapi sebenarnya disaat yang sama ada beban tanggung jawab untuk tetap mempertahankan bahkan lebih maksimal lagi dalam memberikan informasi kepada publik tentang kerja-kerja Bawaslu, apalagi saat ini sedang dalam tahapan Pemilu," tuturnya.

Dalam penganugerahan tersebut, tidak saja Bawaslu Provinsi NTT yang menerima penghargaan, namun ada juga penghargaan untuk Pengawas Pemilu Tingkat kabupaten/kota.

Penghargaan dari KI NTT yang diberikan kepada Bawaslu NTT sebagai lembaga Infomatif dalam kategori Pengawas Pemilu tingkat provinsi. (FOTO: ISTIMEWA)

Berikut ini 14 Bawaslu Kabupaten/Kota yang menerima Predikat Informatif:

  1. Bawaslu Kabupaten Sumba Barat Daya sekaligus sebagai Terbaik I
  2. Bawaslu Kabupaten Sumba Tengah sekaligus sebagai Terbaik I
  3. Bawaslu Kabupaten Belu sekaligus sebagai Terbaik II
  4. Bawaslu Kabupaten Sumba Barat
  5. Bawaslu Kota Kupang
  6. Bawaslu Kabupaten Kupang
  7. Bawaslu Kabupaten TTS
  8. Bawaslu Kabupaten Sumba Timur
  9. Bawaslu Kabupaten Nagekeo
  10. Bawaslu Kabupaten Sikka
  11. Bawaslu Kabupaten Manggarai
  12. Bawaslu Kabupaten Flores Timur
  13. Bawaslu Kabupaten TTU
  14. Bawaslu Kabupaten Alor

Kategori Menuju Informatif:

  1. Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat
  2. Bawaslu Kabupaten Ende
  3. Bawaslu Kabupaten Ngada
  4. Bawaslu Kabupaten Rote Ndao
  5. Bawaslu Kabupaten Manggarai Timur

Kategori Cukup Informatif:

  1. Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua
  2. Bawaslu Kabupaten Lembata

Semoga dengan penghargaan yang diraih, Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota lebih termotivasi untuk bekerja lebih sungguh, dalam menjalankan tugasnya, agar dengan lebih transparan dalam memberikan informasi kepada publik.

Sementara bagi Bawaslu kabupaten/kota yang meraih predikat menuju, cukup bahkan yang kurang informatif diharapkan agar semakin baik dalam menyampaikan informasi kepada publik, karena hak publik untuk mengetahui informasi dari Bawaslu, kata wanita murah senyum tersebut. (aln)

  • Bagikan