Bank NTT Ruteng Penuhi Kebutuhan 9 Gereja di Manggarai

  • Bagikan
BANK NTT PEDULI. Manajemen Bank NTT Cabang Ruteng saat menyerahkan bantuan untuk kebutuhan gereja yang diterima Pastor Paroki Kristus Raja Pagal. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bank NTT Cabang Ruteng, terus menunjukan kepedulian kepada masyarakat di Kabupeten Manggarai. Buktinya, Jumat (15/12), bank milik masyarakat ini kembali menyalurkan bantuan berupa uang kepada 9 Paroki di wilayah itu untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan gereja setempat.

Terpantau, Bank NTT menyambangi empat paroki dan menyerahkan bantuan, masing-masing Paroki Santa Maria Asumta Katedral, Kristus Raja Mbaumuku, Kristus Raja Pagal, dan Paroki St. Mikhael Kumba.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Bank NTT Cabang Ruteng, Romi D. Radjalangu, dan diterima masing-masing pastor paroki. Penyerahan itu disaksikan Ketua Dewan Paroki masing-masing, dan sejumlah pegawai Bank NTT.

Sehari sebelumnya, Kamis (14/12), pihak Bank NTT menyerahkan bantuan untuk tiga paroki di wilayah Kecamatan Satar Mese dan Satar Mese Barat. Diantaranya, Paroki Santu Stefanus Iteng, Paroki Santa Maria Bunda Segala Bangsa Narang, dan Gereja GMIT Sola Gratia Iteng.

"Bantuan yang ada ini merupakan wujud kecintaan dan kepedulian Bank NTT terhadap umat gereja di Manggarai. Kegiatan bantuan kepada masyarakat ini, bukan baru pertama kali terjadi tetapi setiap tahun itu ada," ujar Romi.

Menurut Romi, kegiatan Bank NTT Peduli itu salah satu merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada masyarakat Manggarai yang selalu mendukung Bank NTT. Bantuan itu, lanjutnya, disalurkan untuk menjawab kebutuhan sesuai usulan yang diajukan masing-masing gereja atau paroki. Selain gereja, pihaknya juga menyalurkan bantuan untuk masjid di wilayah itu.

"Bantuanya berupa uang senilai Rp 5 juta. Tapi diserahkan secara non tunai, karena uangnya masuk ke rekening milik masing-masing paroki. Bantuan uang itu peruntukanya sesuai kebutuhan masing-masing paroki. Selain gereja katolik, kita juga ada bantu ke gereja GMIT dan masjid," sebut Romi.

Dikatakan, bantuan yang diserahkan itu tidak seberapa besarannya. Namun nilai bantuan itu sebuah keikhlasan dan kecintaan Bank NTT membantu memenuhi kebutuhan gereja. Menyambut suka cita Natal 25 Desember 2022, Romi mengaku berencana menyalurkan bantuan berupa benih hortikultura kepada sejumlah kelompok tani di kota Ruteng dan sekitarnya.

Penyerahan bantuan dari manajemen Bank NTT yang diterima Pastor Paroki Kristus Raja Mbaumuku. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

Sementara empat pastor paroki penerima bantuan, Romo Ardus Noferi, Romo Gebi, Pater Aba Lasar, dan Romo Andi Latu Batara, dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada manajemen Bank NTT Cabang Ruteng atas kepedulian melalui bantuan yang disalurkan ke paroki. Bantuan yang ada sangat bermanfaat untuk kebutuhan di gereja.

Keempat rohaniawan itu berharap, dengan bantuan itu kemitraan Bank NTT dengan umat tetap terjaga. "Atas nama umat, kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari Bank NTT. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk menambah kebutuhan di paroki dan gereja. Kami doakan kiranya pimpinan dan karyawan Bank NTT, senantiasa diberkati dan kiranya Bank NTT terus bertumbuh menjadi bank kebanggaan masyarakat yang terus melayani lebih sungguh," ucap Romo Ardus Noferi.

Romo Ardus dalam kesempatan itu juga mengimbau masyarakat Manggarai untuk menabung di Bank NTT. Menabung di Bank NTT sama dengan membangun NTT. Selain itu, manfaatkan fasilitas kredit dari Bank NTT yang dinilai sangat membantu masyarakat, yakni kredit merdeka. "Kredit ini bebas dari agunan, bebas dari rentenir, dan bebas dari bunga," katanya. (*)

Penulis: Fansi Runggat

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan