Jelang Akhir Tahun, Lima PJU Polda NTT Dimutasi, Ada Apa?

  • Bagikan
Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (26/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Penyegaran di tubuh Polri kembali dilakukan jelang akhir tahun 2022. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor: ST/2776/XII/Kep/2022 tanggal 23 Desember, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mutasikan sebanyak lima Pejabat Utama (PJU) Polda NTT.

Lima PJU itu diantaranya Karolog, Karo SDM, Dirbinmas, Dirpamobvit dan Kabidkeu. Mereka dimutasi karena ada yang memasuki masa pensiun dan ada yang mendapat promosi jabatan.

Hal tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, saat dikonfirmasi di Mapolda NTT, Minggu (25/12).

Mantan Wadirlantas Polda NTT ini menjelaskan rata-rata pejabat yang diganti dalam rangka pensiun dan juga promosi jabatan.

"Lima pejabat yang dimutasikan itu tertuang dalam tiga Surat Telegram yang ditandatangani langsung oleh As SDM Kapolri, Irjen Pol. Wahyu Widada," kata mantan Kapolres TTS itu.

Berdasarkan surat telegram itu, Karolog Polda NTT Yayat Jatnika dimutasikan sebagai Pamen Polda NTT dalam rangka pensiun dan digantikan Kombes Pol. Drs. Dharu Siswanto yang sebelumnya menjabat sebagai Karorena Polda Sumbar.

Kemudian, Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, diangkat dalam jabatan barunya sebagai Karo SDM Polda Sulut. Yang menggantikannya Kombes Pol. Satria Yusada, yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dalpers SSDM Polri.

Selanjutnya, Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol. Taufiq Tri Atmojo dimutasi sebagau Analis Kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri. Penggantinya adalah Kombes Pol. Rahmanto Sujudi, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Sultra.

Dirpamobvit Polda NTT Kombes Pol. H. Y. Arief Satriyo, dipercaya melanjutkan tugas sebagai Dirpamobvit Polda Sulut. Yang menggantikannya Kombes Pol. Indra Rathana, yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolairud Polda Sulteng.

Sementara itu, Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol. Sofyan Tanjung, dimutasikan sebagai Pamen Polda NTT dalam rangka pensiun. Sofyan akan digantikan Kombes Pol. Widada yang sebelumnya menjabat sebagai Kabikeu Polda Lampung.

"Belum diketahui jadwal pelaksanaan serah terima jabatan ini. Namun sesuai surat keputusan tersebut diberikan waktu 14 hari untuk pelaksanaan serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru," tandas Ariasandy. (r3)

  • Bagikan