Tahun Depan, Dinas Pendidikan Dapat Dana Specific Grant Rp 40 M

  • Bagikan
ILUSTRASI

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang mendapatkan dana Specific Grant sebesar Rp 40.018.000.000. Anggaran ini peruntukannya sudah jelas yang ditetapkan melalui peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang standar pelayanan minimal pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Okto Naitboho mengatakan, anggaran ini diperuntukkan untuk pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, penguatan kapasitas tenaga pendidik, baik guru, pegawai maupun kepala sekolah.

"Kita bersyukur mendapatkan dana Specific Grant ini karena SMPN 12, yang tanahnya sudah ada sejak Tahun 2017, dan sudah ada nama sekolahnya tetapi belum ada pembangunan sama sekali, jadi dengan dana khusus ini kita akan mengalokasikan untuk pembangunan SMP Negeri 21 Kota Kupang Tahun 2023 nanti," ungkapnya saat diwawancarai, Rabu (28/12).

Selain itu, kata Okto, SD Angkasa yang sudah dititip selama 2 tahun di SD Inpres Liliba, karena telah dipindahkan dari lokasi sebelumnya, Tahun 2023 nanti juga akan dibangun, dengan lahan yang sudah dipersiapkan.

"Kami juga akan melakukan pengadaan peralatan komputer untuk menunjang assessment nasional, ditambah dengan buku untuk siswa-siswi. Karena untuk asesmen nasional saja kita biasa bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk bisa menggunakan perlengkapan komputer," ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk pembangunan ruang kelas baru Tahun 2003 nanti, ada empat sekolah termasuk SMPN 20 Kota Kupang, di mana rombongan belajar mereka ada 28 rombel, tetapi ruang ruang kelas yang tersedia hanya 7 ruang. Sehingga belasan rombel harus menumpang di SMAN 4 Kota Kupang.

"Jadi kita bersyukur tahun 2023 nanti kita akan membangun 7 ruang kelas baru untuk SMP Negeri 20," ungkapnya.

Dia mengaku, dana spesifik Grand ini bersifat gelondongan dan dinas pendidikan yang akan merincikan peruntukannya sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah, jadi berbeda dengan DAK yang sudah diperuntukkan penggunaannya. (r2)

  • Bagikan