Ketua KPU TTU Lantik 120 PPK, Ini Harapan Wabup Eusabius

  • Bagikan
LANTIK. Sebanyak 120 PPK di Kabupaten TTU dilantik untuk melaksanakan tugas sebagai panitia penyelenggara pemilu tingkat kecamatan yang berlangsung di aula Hotel Viktory II Kefamenanu, Rabu (4/1). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Paulinus Lape Feka, melantik sebanyak 120 anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk melaksanakan Pemilu 2024 di tingkat kecamatan.

Kegiatan pelantikan yang berlangsung di aula Hotel Viktory II Kefamenanu tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU, Wakil Bupati TTU, Pimpinan DPRD TTU, Bawaslu TTU, pimpinan partai politik dan tokoh agama setempat.

Juru Bicara KPU TTU, Lukas Neno Oki, kepada TIMEX, Rabu (4/1) mengatakan, pihaknya telah melakukan seleksi untuk merekrut panitia penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan sehingga dilakukan pelantikan untuk mulai melaksanakan tugas.

“Kegiatan pelantikan anggota PPK untuk melaksanakan seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, baik Pileg, Pilpres, Pilgub, dan Pilbup di tingkat Kecamatan. Masing-masing kecamatan lima orang sehingga total 120 orang,” sebutnya.

Lukas mengatakan, dalam tugasnya, PPK akan melaksanakan beberapa peran, yakni membantu KPU, KPU Provinsi, KPU kota/kabupaten dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap. Membantu KPU kabupaten/kota menyelenggarakan Pemilu dan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan.

Lukas menambahkan, dengan terbentuknya PPK, kerja KPU makin dimudahkan dalam melaksanakan tahapan pelaksanaan Pemilu. Karena itu, Lukas berharap, PPK dapat bekerja dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan, yakni menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara sehingga kemudian dapat menyukseskan Pemilu 2024.

“Jadi ke depan, teman-teman PPK ini akan membantu kita melakukan beberapa tahapan di kecamatan sampai dengan rekapitulasi suara,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati TTU, Eusbius Binsasi yang hadir pada kesempatan itu mengatakan, kehadiran pemerintah dalam pelantikan itu untuk memberikan suport kepada PPK yang sudah dibentuk KPU.

“Kita mengharapkan PPK yang telah terbentuk betul-betul melaksanakan tugas dengan baik. Karena tahun ini persiapan terakhir pemilihan,” ujar Wabup Eusabius.

Menurutnya, kualitas dan sukses tidaknya pemilihan tergantung PPK sehingga PPK diharapkan dapat memahami regulasi secara baik dan benar dalam menjalankan tugas agar Pemilu, baik Pileg, Pilpres, Pilgub, bahkan Pilbup bisa berjalan dengan baik dan sukses.

“Kualitas pemilihan ini tergantung pada PPK karena mereka yang berhadapan langsung dengan masyarakat di lapangan. Sukses tidak pemilihan ini juga ada pada PPK. Sehingga kita harapkan mereka betul-betul memahami regulasi untuk menjalankan tugas dengan baik sehingga Pemilu Pileg, Pilpres, bahkan Pemilukada di daerah ini bisa berjalan baik dan sukses,” harapnya. (Kr5)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan