Ajang Promosi Pariwisata dan Jaring Atlet, Lantamal VII Gelar Lomba Renang dan Selam

  • Bagikan
PENYERAHAN HADIAH. Tampak Danlantamal VII Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, pose bersama para juara lomba renang 2000 meter usai penyerahan hadiah di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang, Minggu (15/1). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX).

Peringati Hari Dharma Samudera ke-61

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera ke 61, Lantamal VII Kupang menggelar lomba renang dan selam orientasi bawah air (Oba).

Lomba tersebut dilangsungkan selama dua hari di kolam renang militer Tirto Sagoro-07 dan di Laut dengan memperlombakan sebanyak 6 kelas. Khusus 2 kelas diperuntukan bagi TNI-Polri dan 4 kelas lainnya adalah Open kelompok umur.

Khusus kelas Militer TNI-Polri yakni renang militer putra 50 meter. Kelas open gaya dada 50 meter dan gaya bebas putra 100 meter.  Sementara lomba kelas laut terdapat 4 kelas. Dua kelas diperuntukan bagi TNI-Polri dan 2 kelas lainnya open. 

Kelas militer TNI-Polri renang militer putra 400 m, kelas Open TNI-Polri finis Swimming putra 2000 meter. Lomba selam OBA kategori M Course Putra dan Putri kedalaman 5-20 meter.

Danlantamal VII, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono, menjelaskan bahwa lomba renang dan selam Oba sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan pejuang, tokoh TNI Angkatan Laut yang telah berjasa mempertahankan NKRI pada zamannya.

"Para pejuang TNI AL dulu dalam kedaulatan laut RI telah memberikan hidup dan nyawa dalam pertempuran di lautan Indonesia dengan peralatan seadanya seperti perahu ketinting untuk tetap mempertahankan jengkal demi jengkal wilayah perairan Indonesia," ungkapnya.

Lomba renang dan selam sebagai salah satu upaya Lantamal VII mempromosikan potensi wisata yang dimiliki Provinsi NTT kepada masyarakat Indonesia dan dunia internasional tentang potensi laut yang dimiliki NTT.

"Karena pantai di daerah ini memang sangat indah," ujarnya.

Menurutnya, sangat perlu dikembangkannya olah raga perairan terutama renang dan selam. Karena itu, Lantamal VII Kupang menyelenggarakan lomba renang dan selam sebagai upaya pengembangan olahraga perairan.

Selain itu, sebagai upaya mencari bibit atlet olahraga perairan NTT yang nantinya berperan aktif pada ajang nasional maupun internasional.  

Sementara Kadispora NTT, Hildagadris Bria Seran, mengapresiasi upaya Lantamal dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut sekaligus penjaringan atlit renang dan selam.

"Kami sangat mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjaring atlet-atlet berprestasi untuk bisa mewakili Provinsi NTT pada Pra PON tahun 2023," ungkapnya.

Kepada panitia dan atlet yang terlibat dalam pelaksanaan lomba, ia berharap agar bisa berlomba dengan lancar, sukses dan penuh prestasi.

"Melalui event ini saya harapkan kita semakin mengenal Provinsi Pariwisata Bahari NTT," harapnya.

Kepada para atlet yang menang jangan cepat berpuas diri tapi jadikan lomba tersebut sebagai tantangan untuk terus berprestasi di ajang yang lebih tinggi. "Bagi yang belum meraih juara agar jangan putus asa, tetapi dijadikan itu sebagai cambukan untuk lebih giat lagi berlatih meraih prestasi di kesempatan yang akan datang. (r1)

  • Bagikan