Gadai Motor Demi Perlancar Arus Lalin, Babinsa Ini Naik Pangkat Luar Biasa dari KASAD

  • Bagikan
KASAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman ketika memberikan penghargaan dan kenaikan pangkat luar biasa kepada Kopka Azmiadi di ruang kerjanya, Selasa (24/1). (FOTO: ISTIMEWA).

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman langsung merespon upaya seorang anggota yang viral karena aksinya.

Anggota TNI tersebut diketahui atas nama Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi, Babinsa Koramil 02/Sungai Pinang Kodim 0901/ Samarinda.

Kopka Azmiadi melakukan aksi spontan dengan menggadaikan motor agar bisa menyewa alat berat untuk mengevakuasi sebuah truk tronton yang mogok di wilayah Gunung Manggah, Samarinda.

Aksinya itu ternyata ketiban berkat. Bagaimana tidak, ia langsung dipanggil KASAD untuk menghadap.

Untuk mengapresiasi tindakannya itu, KASAD Dudung memberikan penghargaan secara langsung kepada Kopka Azmiadi dan akan dinaikan pangkat luar biasa setingkat lebih tinggi menjadi Sersan Dua.

KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menegaskan upaya yang dilakukan Kopka Azmiadi tersebut telah mengimplementasikan tujuh perintah harian KASAD, terutama poin kelima yaitu TNI harus hadir di tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi, serta poin keenam yaitu lakukan tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat terhadap TNI AD.

Kasad menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih atas upaya yang dilakukan Kopka Azmiadi dan menegaskan bahwa seluruh Babinsa di Indonesia juga melakukan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda.

“Saya yakin, seluruh jajaran di TNI Angkatan Darat, para Babinsa melakukan hal yang sama, namun dalam bentuk yang berbeda. Motto TNI Angkatan Darat di hati Rakyat harus betul-betul diimplementasikan," ujar KASAD Dudung, dikutip dari laman resmi Angkatan Darat, Rabu, (25/1).

"Sering saya katakan bahwa TNI Angkatan Darat harus dicintai rakyatnya, tetapi lebih hebat lagi dia harus mencintai rakyatnya,“ tambahnya.

KASAD juga berpesan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat di manapun bertugas, bila untuk bangsa dan negara jangan pernah ragu-ragu, dan jangan terlalu banyak berpikir tetapi lakukan yang terbaik.

Sebelumnya, Kopka Azmiadi dipanggil menghadap KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat, Selasa (24/1).

Kopka Azmiadi yang didampingi Dandim 0901/Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian, lalu menceritakan kronologis kejadian mogoknya truk tronton yang mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas di wilayah Gunung Manggah, Samarinda selama hampir 16 jam hingga dirinya berinisiatif menyewa ekskavator untuk mengevakuasi truk tersebut dengan menggadaikan motornya. (r3)

  • Bagikan