Meriahkan Bulan K3 Nasional, PLN NTT Gelar Apel dan Sejumlah Kegiatan

  • Bagikan
Pimpinan dan seluruh pegawai Kantor Induk PLN UIW NTT, UP3 Kupang, UPK Timor, UP2K Kupang, HTD Area 10, HSC, Manajemen Risiko, STI Pusat, anak perusahaan, mitra kerja, dan perwakilan Dinas Tenaga Kerja foto bersama usai apel bulan K3 Nasional di halaman parkir kantor induk PLN UIW NTT, Selasa (7/2). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Memeriahkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada 12 Januari sampai 12 Februari 2023, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur (NTTT) melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional yang serentak berlangsung diseluruh unit kerjanya. Usai apel diikuti dengan kegiatan Cerdas Cermat K3 pada Selasa (7/2).

Selain dua kegiatan tersebut, sesuai rencana, pada Jumat (10/2) akan dilaksanakan Senam Jantung Sehat dan Gerakan Donor Darah. Sebelumnya, pekan lalu, PLN NTT juga mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti Fire Drill Competition PLN 2023 yang diadakan di Semarang. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam penanganan kondisi darurat dan pengamanan aset perusahaan.

Apel diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Induk PLN UIW NTT, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kupang, Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Timor, Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kupang, HTD Area 10, HSC, Manajemen Risiko, STI Pusat, anak perusahaan, mitra kerja, dan perwakilan Dinas Tenaga Kerja yang bertempat di halaman parkir kantor induk PLN UIW NTT.

Bulan K3 tahun ini mengusung tema, “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Tempat Kerja” dengan subtema “Terwujudnya Budaya K3 guna Mendukung Keberlanjutan Proses Bisnis Ketenagalistrikan” selaras dengan tujuan K3 yang selalu menjunjung tinggi budaya Keselamatan dan Kesehatan adalah hal utama.

General Manager (GM) PLN UIW NTT, Fintje Lumembang selaku pembina apel saat membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI, mengajak semua pemangku kepentingan untuk memaknai tema bulan K3 Nasional 2023 dengan meningkatkan komitmen semua pihak. Mulai kementerian ataupun lembaga, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serikat pekerja atau serikat buruh, swasta, perguruan tinggi, media, hingga masyarakat luas agar bersama-sama melakukan akselerasi berbudaya K3.

Dalam kegiatan apel tersebut juga dilakukan penandatanganan Komitmen K3 Tahun 2023 oleh seluruh jajaran manajemen PLN UIW NTT dan pegawai. “Saya berharap penandatanganan ini sebagai bentuk secara simbolis komitmen kita seluruh jajaran manajemen, pegawai, dan mitra kerja di wilayah kerja PLN UIW NTT agar selalu siap mendukung dalam memperkuat disiplin eksekusi K3, Safety Leadership, dan memastikan kesiapan sumber daya untuk mewujudkan Zero Accident tahun 2023,” tutur Fintje.

Di kesempatan yang sama, Manager Sub Bidang K3L dan Keamanan PLN UIW NTT, I Made Arya Sukadana mengatakan, peringatan bulan K3 Nasional 2023 kali ini, PLN UIW NTT melaksanakan apel siaga, aksi sosial donor darah, lomba Cerdas Cermat K3, Sosialisasi K3 Internal dan Eksternal serta Senam Jantung sehat.

"Kegiatan yang mendukung kepedulian terhadap K3 di tempat kita bekerja, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran dan yang paling utama tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja karena sesuai dengan komitmen kita harus pahami bahwa tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia," katanya. (*/aln)

  • Bagikan