Pimpin Apel Pagi, Marciana Ajak Jajaran Lapas Kalabahi Tingkatkan Disiplin dan Pelayanan Publik Bagi WBP

  • Bagikan
PIMPIN APEL. Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone saat memimpin Apel Pagi di Lapas Kelas IIB Kalabahi, Kamis (23/02/2023). (FOTO: HUMAS KANWIL HUKUM DAN HAM NTT UNTUK TIMEX)

KALABAHI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone menjadi Pembina Apel Pagi di Lapas Kelas IIB Kalabahi, Kamis (23/02/2023). Ada sejumlah arahan yang disampaikan Kakanwil menyangkut kedisiplinan serta penyelenggaraan pelayanan publik kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Awali setiap harinya dengan rasa syukur. Bersyukur menjadi ASN Kemenkumham, sehingga mari laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan disiplin," ucap Marciana di hadapan Kepala Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan beserta jajaran.

SAPA WBP. Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone berdialog dengan WBP Lapas Kalabahi. (FOTO: HUMAS KEMENKUMHAM NTT untuk Timex)

Menurut Marciana, kedisiplinan harus terbangun dari hati nurani. Disiplin ASN merupakan harga mati dan bukan piliĺhan. Wajib hukumnya bagi ASN selalu disiplin dalam melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab. Bekerja jangan hanya sekadar formalitas tanpa memahami tugas dan fungsinya di kantor.

“Untuk dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), kuncinya adalah disiplin. Mulai dari ketepatan waktu dalam bekerja, termasuk mengikuti apel pagi dan siang, ketaatan terhadap aturan, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas,” ujar Kakanwil.

Lebih lanjut dikatakan, Kepala Satuan Kerja harus menjadi pemimpin sekaligus pengayom dan pembimbing yang bisa mengarahkan bawahannya. Begitu juga harus dapat membangun mental disiplin pegawai, baik dalam mengikuti apel pagi dan sore, maupun disiplin dalam bekerja dan memberikan pelayanan publik.

“Tanamkan sikap disiplin di dalam jiwa seluruh pegawai. Terus lakukan perubahan ke arah yang lebih baik, termasuk bangun koordinasi dan komunikasi dengan para stakeholder dalam pelaksanaan tusi,” jelasnya.

Marciana juga menegaskan, Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM bukan hanya diatas kertas saja. Namun harus diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, termasuk pelayanan kepada WBP.

DIALOG DENGAN PETUGAS. Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone berdialog dengan petugas Lapas Kalabahi didampingi Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan. (FOTO: HUMAS KEMENKUMHAM NTT untuk Timex)

"Lakukan fungsi pembinaan dengan baik dan humanis kepada WBP, melalui pemberian pelayanan terbaik. Itulah esensi WBK sesungguhnya," pungkasnya.

Usai memimpin Apel Pagi, Marciana menyempatkan untuk berkeliling melihat blok hunian dan menyapa para WBP. Marciana mengingatkan WBP untuk selalu menjaga kesehatan. Apabila sedang sakit, para WBP diminta untuk segera melapor kepada petugas.

Kakanwil Marciana juga mengapresiasi 20 WBP yang menjadi anggota pramuka anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi. "Bersyukur karena kalian mendapat pembinaan karakter dan semua teknik kepramukaan, sehingga setelah bebas ini dapat menjadi bekal untuk membentuk dan menciptakan generasi-generasi penerus bangsa," pesannya. (humas/ito)

  • Bagikan