Tahun 2022, Pengguna 4G Meningkat 33 Persen di Regional EJBN

  • Bagikan
Ilustrasi. Indosat mengklaim telah terjadi peningkatan penggunaan jaringan 4G. (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Perusahaan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) IOH (IDX: ISAT) terus mendorong pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia dengan performa yang solid di satu tahun pascamerger sepanjang tahun 2022.

Pelanggan IOH di Regional East Java and Bali Nusra (EJBN) tercatat mengalami peningkatan 39 persen per akhir Desember 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha kepada Timor Express belum lama ini

Dikatakan peningkatan ini tidak terlepas dari jumlah BTS 4G di Regional EJBN yang meningkat 73 persen pada akhir Desember 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut berpengaruh pada peningkatan pengguna layanan jaringan 4G IOH di Regional EJBN sebesar 33 persen dengan lalu lintas data yang meningkat 46 persen di periode yang sama.

"Kami optimis bahwa IOH dapat menyediakan akses teknologi, komunikasi, dan informasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dipandu oleh tujuan yang lebih besar, kami akan terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital Indonesia," tutup Vikram.

Ia mengaku senang dapat mengumumkan pencapaian keuangan dan operasional di tahun pertama IOH resmi beroperasi di Indonesia. Seluruh indikator menunjukkan hasil yang positif.

"Kami dapat menunjukkan nilai sinergi kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan kami, dan semua ini hanya dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan mereka. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pelanggan setia, meningkatkan produktivitas masyarakat, dan berkontribusi pada pertumbuhan industri telekomunikasi dan ekonomi digital Indonesia di masa depan," kata Vikram.

Selain itu, cakupan jaringan perusahaan juga meningkat seiring dengan peningkatan jumlah BTS 4G yang mencapai 137 ribu, sehingga mampu menangani peningkatan grafik yang tinggi.

Dia mengatakan, integrasi jaringan perusahaan sesuai target, bahkan di seluruh wilayah Jabodetabek telah selesai lebih cepat sehingga dapat memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi pelanggan.

IOH juga masih memperluas jangkauan jaringan dan pelayanan yang jauh lebih baik, termasuk jaringan 5G. Sampai awal tahun ini, jaringan 5G IOH telah menjangkau delapan kota yakni Jakarta, Karawang, Bandar Lampung, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Bali.

IOH melaporkan kinerja keuangannya untuk kuartal keempat dan satu tahun penuh yang berakhir pada 31 Desember 2022 tercatat terjadi pertumbuhan yang sangat baik dengan total pendapatan naik sebesar 48,9 persen YoY atau Rp 31.388,3 miliar menjadi Rp 46.752,3 miliar.

EBITDA tercatat sebesar Rp19.468,7 miliar atau naik sebesar 40,2 persen, dengan margin EBITDA tercatat sebesar 41,6 persen pada 2022.

Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp4.723,4 miliar. Pelanggan seluler Perusahaan meningkat 62,5 persen menjadi 102,2 juta dengan pertumbuhan lalu lintas data sebesar 91,8 persen di tahun 2022, berkontribusi pada kenaikan pendapatan data sebesar 61,3 persen dibanding tahun sebelumnya. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan

Exit mobile version