Peringati HKN 2023, Anggota Polisi Seruput Kopi Bareng

  • Bagikan
NIKMATI KOPI. Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Ariasandy saat menikmati kopi yang disediakan gerai Sombra di Lapangan Rocky Sitohang, Mapolda NTT, Jumat (10/3). (FOTO: HUMAS POLDA NTT).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Mengomsumsi minuman jenis kopi merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan semua orang. Bahkan menjadi budaya bagi sejumlah masyarakat ketika menerima tamu.

Minuman jenis ini juga disediakan diberbagai cafe dan tempat nongkrong lainnya. Mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau.

Meski demikian, tidak semua orang belum mengetahui Hari Kopi Nasional (HKN). Di Indonesia, tanggal 11 Maret diperingati sebagai HKN. Penetapan HKN sendiri sudah dimulai pada tahun 2018.

Untuk memperingati HKN 2023, Kepolisian Daerah (Polda) NTT menggelarnya dengan seruput kopi bersama di Lapangan Rocky Sitohang, Jumat (10/3).

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy menjelaskan kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memperingati HKN.

Kegiatan ini sengaja digelar dengan tujuan untuk membangkitkan semangat kebersamaan melalui seruput kopi bersama. "Kita ngopi bareng. Dari minum kopi ini akan ada kebersamaan dan ada hal yang tentu dibahas sehingga semangat kebersamaan itu terus digelorakan," katanya.

GERAI KOPI. Tampak gerai kopi dan UMKM ketika dilibatkan dalam kegiatan seruput kopi bareng di Lapangan Rocky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (10/3). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Selain gerai kopi, pihaknya juga melibatkan UMKM binaan Wadirintel Polda NTT sehingga bisa menjual hasil produk mereka. "Dengan kehadiran UMKM tentu akan terjadi proses transaksi. Jadi ada pertumbuhan ekonomi disana," pinta mantan Wadirlantas Polda NTT itu.

Ia berharap dengan kegiatan seruput kopi bareng, dapat meningkatkan semangat kerja anggota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat NTT.

Sementara itu, Beni Leonard selaku pemerhati UMKM mengharapkan agar kegiatan serupa rutin digelar setiap Minggu di Polda NTT sehingga para pelaku UMKM di Kota Kupang bisa berbaur dengan anggota Polda NTT.

Dikatakan kegiatan ini sendiri dalam rangka memeriahkan hari kopi nasional yang jatuh pada tanggal 11 Maret. "Na kita minum kopi bareng-bareng, tetapi penekanannya adalah bangga buatan NTT, kopinya kopi lokal dimana kita punya kopi dari 13 kabupaten/kota di seluruh NTT dari Flores sampai daratan Timor," ujar Beni.

"Kita juga sama-sama bisa terlibat dalam menjaga Kamtibmas, terlibat juga bagaimana kita bisa membantu menumbuhkembangkan ekonomi mikro masyarakat," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi pimpinan Polda NTT atas dukungannya terhadap para pelaku UMKM di NTT.

"Kami sangat mengapresiasi bahwa bapak Kapolda NTT memiliki semangat untuk terus membangkitkan dan menumbuhkembangkan produk lokal UMKM NTT," pungkasnya. (r3)

  • Bagikan