KPU dan Bank Mandiri Kolaborasi Permudah Transaksi Nasabah PPK dan PPS

  • Bagikan
LAYANAN BANK MANDIRI. Kepala Cabang Bank Mandiri Kupang, Marylyn Haning (kanan) dan Sekretaris KPU Kota Kupang, Michael Doga (tengah) pose bersama usia menyaksikan transaksi kepada nasabah PPK dan PPS di depan Kantor KPU Kota Kupang, Jumat (17/3). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang bersama Bank Mandiri Cabang Kupang, bekerja sama mempermudah pelayanan transaksi kepada nasabah, khususnya bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kota Kupang.

Sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KPU dan Bank Mandiri, agar bekerja sama untuk mempermudah transaksi dan kepengurusan administrasi bagi PPK, PPS dan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih)
.
Kerja sama tersebut diwujudnyatakan dua lembaga ini dengan membuka pelayanan ATM Keliling di Kantor KPU Kota Kupang, dimulai Jumat (17/3).

Kepala Cabang Bank Mandiri Kupang M. Hatta, Marylyn Haning, mengatakan, ATM Keliling ini untuk melayani PPK dan PPS juga untuk Pantarlih. "Jadi mereka sudah menerima honor, khususnya untuk PPK dan PPS, mereka bisa manggunakan ATM keliling ini," ujarnya.

Menurut Marylyn, untuk honor PPK dan PPS sudah dibayarkan melalui Bank Mandiri, jadi untuk mempermudah mereka melakukan transaksi, maka dilayani menggunakan ATM Keliling, agar mereka tidak kesulitan mencari ATM.

"Apa lagi jumlah mereka banyak sekitar 1.700 lebih orang, tujuannya agar mereka tidak mengantri dan bisa melakukan transaksi dengan cepat dan aman," ujarnya.

Dia mengatakan, selain melakukan transaksi, mereka juga melakukan aktivasi Livin By Mandiri. Dengan Livin By Mandiri, masyarakat semakin dipermudah dalam bertransaksi.

"Dengan Livin By Mandiri maka apa bisa melakukan transaksi dari rumah, juga apa bila lupa membawa ATM dan hanya membawa handphone saja, maka bisa menggunakan tarik tunai tanpa kartu atau transaksi tanpa kartu ATM," jelasnya.

Dengan Livin By Mandiri, kata Marylyn, bisa juga untuk melakukan pembayaran tagihan, pulsa, isi token listrik, dan semua transaksi lainnya.

"Jadi PPK dan PPS serta Pantarlih, sebanyak 1.700 lebih itu, kami bantu dengan menempatkan petugas untuk membantu aktivasi Livin By Mandiri," tandasnya.

Bank Mandiri sangat mendukung kebijakan dari KPU untuk proses pembayaran honor yang sebelumnya berupa pembayaran tunai beralih ke sistem cashless.

"Saat ini sedang berjalan proses pembukaan rekening bagi seluruh anggota PPK, PPS, sekretariat, dan pantarlih. Adapun benefit yang didapatkan dari pembukaan rekening ini selain mendapatkan kartu ATM, juga dilengkapi dengan super apps dari Bank Mandiri yaitu Livin by Mandiri," jelasnya.

Livin By Mandiri, kata dia, merupakan super Aplikasi perbankan dengan Fitur sangat lengkap dari transaksi transfer, bayar, Top Up, Pembayaran dg QR, Transfer Valas, Investasi, penarikan tunai tanpa kartu sampai dengan penawaran di menu Livin Sukha yaitu pembelian tiket, pengajuan Kredit kendaraan, asuransi dan promo-promo lainnya.

"Semuanya lengkap hanya dengan aplikasi Livin by Mandiri. Kerjasama sama ini merupakan bentuk penerapan digitalisasi di lingkungan KPU dengan pemanfaatan super platform Kopra utk operasional KPU dan super apps Livin by Mandiri," ujarnya.

Saat ini, kata Merylyn, Bank Mandiri juga telah menempatkan 1 unit Mobil MAMO (mandiri mobil) di kantor KPU kota Kupang yaitu mobil layanan ATM utk mendukung kelancaran transaksi teman-teman dari KPU.

"Kami sangat berharap dengan adanya kerjasama ini, Bank Mandiri dapat mendukung KPU dalam mensukseskan kegiatan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada tahun 2024 nanti, dengan penerepan digitalisasi diharapkan pelayanan akan lebih nyaman, cepat, tepat dan akurat," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Kupang, Michael Doga mengatakan, informasi ATM keliling dari Bank Mandiri ini sudah diinformasikan kepada PPK, PPS dan Pantarlih, dan merupakan bentuk dukungan dari mitra KPU yaitu Bank Mandiri dalam mempermudah layanan dan mensukseskan kegiatan Pemilu.

"Kita menindaklanjuti keputusan KPU 53, bawa sistem pembayaran untuk teman-teman ad hoc menggunakan sistem pembayaran non tunai, kita tindaklanjuti dengan PKS bersama Bank Mandiri," jelasnya.

Dia mengatakan, Bank Mandiri sangat membantu KPU sejak pembukaan buku rekening Bank Mandiri sebanyak 1.700 orang. Ditargetkan ATM keliling ini akan dibuka hingga Senin nanti.
"Tujuannya memang untuk mempermudah layanan dan transaksi," terangnya.

Dia mengatakan, untuk honor Pantarlih saat ini masih berproses, dan akan mulai diproses pembayarannya pada awal minggu depan. "Ke depannya, dipastikan pembayaran honor akan berjalan lancar setiap bulannya. Kalau tahap awal memang membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk memproses segala administrasi yang diperlukan," tandasnya. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan