Pengprov Gateball Siapkan Tim Pra PON dan Kejurnas di Jakarta

  • Bagikan
RAPAT. Suasana rapat persiapan atlet dan tim manager saat rapat persiapan, Jumat (17/03). (FOTO: IST)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh, Sumut, Pengprov Gateball NTT menyiakan tim yang akan mengikuti Babak Kualifikasi Pra PON sekaligus Kejurnas yang akan dilaksanakan di Jakarta bulan Juni nanti.

Sebanyak 32 anggota tim yang terlibat dalam kejuaraan tersebut. Terdiri dari delapan nomor di Babak Kualifikasi Pra PON dan 3 nomor di Kejurnas. Nomor yang akan dipertandingkan adalah Tunggal Putra/i, Double Putra, Double Campuran, Triple Putra, Triple Campuran, Beregu Campuran, Beregu Putra, dan beregu putri.

Jumat (17/3) pagi bertempat di Ruang Rapat Dinas PUPR NTT dilaksanakan rapat persiapan tim. Hadir saat itu, Ketua Pengprov Pergatsi NTT Maxi Nenabu yang diwakili Wakil Sekretaris Pergatsi NTT Ani Ndaparoka. Hadir Ketua Tim Ana Waha Kolin, Wakil Ketua I Vekki Boling, Wakil Ketua II, Pelatih Abia Manggoa dan Yos Manijen. Juga para atlet yang akan mewakili NTT dalam ajang BK PON dan Kejurnas tahun 2023 di Jakarta.

"Pak Ketua Pengprov Pergatsi NTT mendadak ada tugas sehingga saya diminta untuk mewakili Pak Ketua. Inti dari pertemuan tadi adalah kesiapan awal dari pengurus dan tim atlet yang akan disiapkan mengikuti BK PON dan Kejurnas," jelas Ani.

Dirinya melanjutkan, penentuan atlet berdasarkan beberpa hal. Antara lain, buku petunjuk pelaksanaan BK PON 2023, Rapat Pengurus Pergatsi NTT 2023 pada tanggal 10 Maret 2023 pada tanggal 10 Maret 2023, Surat Penunjukan Tim Persiapan dan Penunjukkan Atlet Menuju BK PON dan Kejurnas 2023.

"Untuk dasar pemanggilan atlet penilaiannya adalah prestasi dan pengalaman bertanding terutama pada pertandingan terakhir Kejurnas 2022 di Yogyakarta. Selain itu skill/kemampuan individu, mengikuti pertandingan internal yang digelar, mampu bekerja sama sebagai tim, memiliki attituda yang baik, memiliki mental bertanding dan rata-rata berasal dari balai atau instansi yang dapat menopang atlet," jelas Ani.

Sementara Ketua Tim Ana Waha Kolin pada kesempatan itu memberi motivasi kepada para atlet untuk semangat dan kompak dalam menyiapkan diri. "Berlatih dengan sungguh walau dalam segala keterbatasan karena NTT sangat diperhitungkan di tingkat nasional. Puncaknya di babak kualifikasi Pra PON ini. Kita harus tampil terbaik lagi untuk merebut tiket ke PON tahun depan," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD NTT ini memberi motivasi.

Dirinya mengatakan, NTT sudah punya nama di tingkat nasional dan termasuk provinsi yang diperhitungkan. Kejurnas lalu kita raih satu emas di Group Putra dan satu perak di double putra. "Kita berharap delapan kategori dipertandingkan di BK PON membuahkan hasil yang baik sehingga kita bisa lolos ke PON 2024," harapnya.

Pelatih Abia Manggoa mengatakan, tim sudah dibentuk dan sudah mulai melakukan latihan di Lapangan Gateball Jalan W.J Lalamentik. Dirinya menegaskan, atlet harus serius dalam latihan karena tim pelatih tidak segan mengeluarkan jika tidak sunguh-sungguh dalam berlatih," kata Abia. (ito)

  • Bagikan