Jamkrida NTT Jadi Tulang Punggung UMKM

  • Bagikan
PERESMIAN. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika menandatangani prasasti tanda diresmikannya Gedung Jamkrida NTT, Selasa (21/3). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Mebeler Harus Gunakan Produk Lokal

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT Penjaminan Kredit Daerah atau Jamkrida NTT diharapkan untuk menjadi tulang punggung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di NTT.

Hal itu ditegaskan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat meresmikan gedung Kantor Jamkrida NTT yang beralamat di jalan R. Suprapto, No 15 Oebobo Kota Kupang, Selasa (21/3).

Dikatakan kehadiran Jamkrida NTT harus memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi NTT

Dilanjutkan bahwa, saat Ini banyak orang yang melihat UMKM sebagai kelompok yang harus dikasihani, namun ia menegaskan, anggapan itu keliru, karena kelompok UMKM merupakan denyut nadi pembangunan yang dapat diukur dari seberapa banyak daerah bisa memberikan kekuatan dan fondasi bagi UMKM.

“Kalau di Jamkrida NTT ada 100.000 UMKM yang tumbuh berarti Jamkrida sedang menjadi fondasi yang kuat dan sedang menjaga perekonomian di NTT," ujar Viktor Laiskodat sebutnya.

PERESMIAN. Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memantau Gedung Jamkrida NTT usai peresmian, Selasa (21/3). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI itu juga meminta kepada Jamkrida agar semua fasilitas seperti sofa dan meja harus menggunakan produk UMKM.

"Harus gunakan produk, ini kan produk luar sehingga bisa mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat," sebutnya ketika memantau gedung megah itu.

Orang nomor satu NTT tersebut juga memuji kemajuan Jamkrida NTT yang bisa membangun gedung mewah. "Dari jauh saya sudah melihat gedungnya bagus dan sangat megah. Semangat ini harus ditumbuhkan dan terus dipertahankan," tutur Gubernur Viktor.

Tak lupa, Politisi Partai Nasdem itu mengingatkan agar tetap menjaga sistem pelayanan kepada masyarakat. "Saya harapkan sumbangan PAD juga bagus terus didorong, kerja dengan kantor bagus ini dan semangat juga terus di dorong dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jamkrida NTT Ibrahim Imang SE, mengatakan saat ini UMKM binaan Jamkrida NTT sudah berjumlah 79.000.

Terhadap permintaan Gubernur NTT itu, disebutkan bahwa pihaknya terus melakukan pengembangan dan siap mengganti fasilitas pendukung di Kantor tersebut dengan produk UMKM.

"Kita bina bekerja sama dengan Bank NTT melalui program Pak Gubernur TJPS, Kredit Merdeka dari Bank NTT itu semua kita yang jamin dan SudH mencapai 79.000 mudah-murahan di tahun ini tembus target 10.000," pungkas. (r3)

  • Bagikan