Hilal di Kupang Tak Terlihat, Kakanwil Kemenag NTT: Tetap Jaga Kerukunan di NTT

  • Bagikan
PANTAU HILAL. Kakanwil Kemenag NTT Reginaldus Serang, sementara pantau hilal menggunakan Teropong Hilal di lantai 5 Gedung BMKG NTT, Rabu (22/3). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTT bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) NTT melaksanakan pengamatan Hilal 1 Ramadhan 1444 H/2023 M. Kegiatan tersebut berpusat di Lantai 5 Gedung BMKG NTT, Rabu (22/3).

Kepala BMKG NTT, Margiono, menjelaskan bahwa ada dua teropong yang digunakan untuk memantau Hilal. Satu milik BMKG dan satu lagi milik Kanwil Kemenag NTT.

Dikatakan, pemasangan peralatan untuk pengamatan hilal sejak pukul 15.00 Wita. Kemudian dilakukan pengamatan mulai pukul 16:00-18:25 Wita.

Disebutkan bahwa proses pengamatan Hilal di NTT ada tiga lokasi yakni Kota Kupang, Sumba dan Kabupaten Alor. "Hasil pengamatan hilal di Kota Kupang ini hilal tidak teramati karena tertutup awan," ungkapnya.

Margiono menambahkan bahwa matahari terbenam pukul 17:55:28 wita. Waktu terbenam Bulan 18:28:30 wita. Azimuth Matahari 270 derajat, 27 menit, 57,6 detik. Azimuth Bulan 273 derajat, 52 menit, 1,2 detik. Ketinggian Hilal 7 derajat, 10 menit, 30 detik. Umur bulan 16 jam, 32 menit, 27 detik. Bulan sebelah Utara atas matahari.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) NTT, Reginaldus Serang, menegaskan bahwa hasil pengamatan hilal di Kota Kupang tidak teramati.

Pengamatan hilal seluruh Indonesia ada 124 titik. Dan semuanya baru bisa diketahui hasilnya pada saat sidang Isbath. "Kita tunggu hasil sidang Isbath nanti," jelasnya.

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus, menghimbau kepada seluruh umat beragama di NTT untuk memberikan dukungan kepada umat Islam agar dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan kondusif.

"Puji Tuhan, tahun ini umat Kristiani juga menyambut Paskah. Hari ini adalah hari raya Nyepi. Hari ini umat Islam juga mempersiapkan memasuki bulan suci Ramadhan. Kita semua mendorong dan mendoakan agar semua bisa berjalan dengan baik dan suasana kerukunan di NTT bisa terjaga dengan baik," pungkasnya. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan