Hadapi Pemilu 2024, PKB Ngada Uji Kelayakan Bacaleg

  • Bagikan
UJI KELAYAKAN. PKB Kabupaten Ngada melaksanakan kegiatan uji kepatutan dan kelayakan terhadap para bacaleg bertempat di Hotel News Bintang, Kelurahan Bokua, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Sabtu (25/3). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

BAJAWA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengelar kegiatan uji kelayakan, kepatutan, dan pembekalan terhadap bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) partai tersebut, di Hotel News Bintang, Kelurahan Bokua, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Sabtu (25/3).

Kegiatan ini merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi para kader atau bacaleg karena para kader akan diuji guna mengetahui sejauh mana kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dalam meraih sebuah kemenangan pada Pemilu 2024 nanti. "Tentunya mereka yang lolos harus memiliki kemampuan, skill strategi pemenangan," Ketua Partai PKB Ngada, Bernandinus Dhey Ngebu di Bajawa, Sabtu (25/3).

Bernandinus menyebutkan, PBK Ngada mencalonkan sebanyak 25 orang bacaleg untuk memperebutkan kursi legislatif di lima daerah pemilihan (Dapil) kabupaten itu.

Terkait sebarannya, kata Bernandinus, Dapil Ngada 1 Kecamatan Bajawa sebanyak 6 orang. Dapil 2 meliputi Kecamatan Golewa, Golewa Barat, dan Golewa Selatan sebanyak 6 orang. Dapil 3, untuk Kecamatan Aimere, Jerebuu, dan Inerie sebanyak 4 orang.

Selanjutnya Dapil 4, meliputi Kecamatan Riung dan Kecamatan Riung Barat sebanyak 4 orang. Dapil 5 untuk Kecamatan So'a, Kecamatan Bajawa Utara, dan Kecamatan Wolomeze, sebanyak 5 orang.

Bernandinus yang akrab disapa Berni Dhey ini mengatakan, tidak semua partai melakukan uji kelayakan, kepatutan, dan pembekalan terhadap para bakal calonnya.

"Hanya PKB saja yang melakukan kegiatan seperti ini. Sehingga sesama pengurus PKB saja saling bertanya, kegiatan apa lagi ini," ujar Berni Dhey.

Berni Dhey menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses pencalonan internal partai. Sehingga dengan ini diharapkan agar para bakal calon sedikit memahami ideologi partai dari nasional sampai lokal. Selain itu, untuk mempererat silaturahmi menjelang proses pencalon.

Menurut Berni, berkompetisi sesungguhnya itu bukan hanya kepada partai saja tetapi juga diinternal itu sendiri. Dengan kegiatan ini, kita bisa mengetahui calon legislatif unggulan dan mendapatkan nomor urut.

Berni optimistis bahwa pada Pemilu 2024 mendatang, PKB bisa mengisi semua kursi disemua dapil. Di Kabupaten Ngada terdapat 5 dapil maka diharapkan pada Pemilu tahun 2024 ada yang mewakili PKB disetiap dapil.

Sementara itu, Donatus Jo selaku Sekretris DPW PKB NTT mengatakan, PKB secara nasional hingga daerah melaksanakan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap para bacaleg karena punya target menang dalam Pemilu 2024 nanti.

"Kita harus memperoleh cukup kursi agar kita tetap mempertahankan posisi saat ini. Saat ini Ketua DPRD Ngada dari PKB, maka kita harus tetap mempertahankan itu," tegas Donatus.

Bukan hanya itu, menurut Donatus, PKB di Kabupaten Ngada sudah siap mendorong Bernandinus Dhey Ngebu untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) nanti.

"Pilkada nanti, kita dari PKB sudah siap mendorong Berni Dhey untuk maju jadi calon Bupati Ngada," ungkap Donatus Jo.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menguatkan kita, rapatkan barisan kita, mengsolidkan kita agar bisa mendapatkan hasil yaitu kemenangan politik.

Selain itu, N. M. Dipo Nusantara Pua Upa, SH., M.Kn, anggota DPR RI dari PKB mengatakan, uji kepatutan dan kelayakan calon anggota legislatif dimaksudkan agar para bacaleg dipersiapkan sejak awal dalam menghadapi Pemilu nanti.

"Kalau di DPR RI itu kita ditargetkan 100 kursi. Jadi, kalau bisa kita di DPW dan DPC masing-masing kita ada disetiap dapil dan kita bisa melakukan fraksi tersendiri. Sehingga kita tidak tergantung pada pihak lain dalam menentukan ketua," tutup Dipo. (*)

PENULIS: Saver Bhula

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan