Pembinaan SDM Polisi, Polda NTT Terapkan Program Polisi Belajar

  • Bagikan
POLISI BELAJAR. Karo SDM Kombes Pol. Satria Yusada, saat membuka kegiatan Polisi Belajar di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolda NTT, Rabu (5/4). (FOTO: HUMAS POLDA NTT).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepolisian Daerah Polda NTT melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda NTT menggelar kegiatan Polisi Belajar dalam rangka memberikan motivasi, informasi dan pengetahuan kepada jajaran.

Kegiatan polisi pengajar itu dibuka langsung oleh Karo SDM Kombes Pol. Satria Yusada, yang dilaksanakan di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolda NTT, Rabu (5/4/2023).

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari para anggota lingkup Biro SDM Polda NTT dan para Kabag SDM beserta staf jajaran Polres yang mengikuti via zoom meeting.

Program Polisi Belajar menghadirkan pemateri yakni Kabagdalpers Biro SDM AKBP Sajimin. Dalam materinya tentang tugas dan fungsi dari Bagdalpers Biro SDM Polda NTT.

Selain itu, Kabagwatpers AKBP Hellen Patikawa yang membawa materi tentang sosialisasi terkait penetapan status cacat sehubungan dengan Perpol Nomor 2 Tahun 2022.

Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol. Satria Yusada menyampaikan bahwa, program Polisi Belajar ini bertujuan untuk memberikan motivasi, pengetahuan atau informasi kepada seluruh personel Polda NTT.

"Adapun maksud dari Polisi Belajar ini tujuannya adalah untuk memberikan motivasi, memberikan informasi atau pengetahuan kepada seluruh personel yang ada di jajaran polda NTT," ujar.

Dikatakannya bahwa, pelaksanan kegiatan Polisi Belajar kali ini mengambil tema “Pembinaan SDM”.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa, pembinaan SDM ini merupakan siklus yang cukup panjang dari mulai proses perekrutan SDM, kemudian pelaksanaan pelatihan atau menjaga dan meningkatkan kemampuan personel, penggunaan personel yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, kemudian perawatan personel dan pemberian hak-hak personel serta pengakhiran dinas personel," katanya.

Menurutnya, Program Polisi Belajar terutama pada bidang SDM perlu dikembangkan dan ditingkatkan sehingga hal-hal yang baru dapat tersosialisasikan dengan baik kepada anggota.

"Dalam kegiatan ini saya melihat bahwa, Polisi Belajar ini perlu kita kembangkan, perlu kita lakukan untuk khusus bidang SDM karena, banyak hal-hal baru yang mungkin belum tersosialisasi ke jajaran, nah inilah sarana yang kita gunakan untuk mensosialisasikan hal-hal yang baru tentang peran SDM yang ada di lingkungan Polda NTT ini," terang Karo SDM Polda NTT.

Ia pun mengharapkan adanya kontribusi dari para peserta yang mengikuti kegiatan ini, sehingga kegiatan Polisi Belajar ini betul-betul bermanfaat.

"Karena hak-hak personel ada dipengelolaan kita semua, baik di tingkat Polres oleh Bag SDM maupun di tingkat Polda oleh Biro SDM. Kita sebagai pelayan personel harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada personel," pungkasnya. (r3)

  • Bagikan