Cuaca Ekstrim, Pemkot Status Siaga Bencana

  • Bagikan
POTONG POHON. Tim dari BPBD Kota Kupang memotong pohon yang tumbang di daerah Taman Nostalgia, Senin (10/4). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, menetapkan status siaga bencana mengingatkan wilayah tersebut dilanda cuaca ekstrim beberapa hari terakhir.

Dengan status siaga pemerintah meminta masyarakat untuk tetap siaga, karena saat ini Kota Kupang dalam status siaga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kupang, Rikco Umar, mengatakan, selama beberapa hari hujan mengguyur Kota Kupang, beberapa laporan diterima oleh BPBD Kota Kupang, baik itu pohon tumbang, banjir rob di daerah pinggir pantai dan potensi longsor.

"Kami dari BPBD selalu siaga bahkan sebelum adanya peringatan dari BMKG. Untuk saat ini, sudah ada beberapa laporan, terkait pohon tumbang dan banjir rob di Kelurahan Oesapa, Pasir Panjang dan Kelurahan Namosain," katanya saat diwawancarai di Taman Nostalgia, Senin (10/4).

Dia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai, apa bila terjadi banjir rob yang mengancam, segera mengungsi ke tempat aman, terutama bagi anak-anak dan perempuan.

"Untuk saat ini belum ada yang mengungsi, kami akan terus memantau dan memastikan masyarakat tetap aman, kami juga terus mengimbau agar kalau bisa masyarakat yang terdampak banjir rob segera mengungsi," ujarnya.

Rikco katakan, untuk di Kelurahan Pasir Panjang sendiri, ada 8 KK dengan 26 jiwa yang terdampak, sementara di Kelurahan Namosain juag demikian, ada beberapa KK yang terdampak langsung.

"Untuk Kelurahan Oesapa, kami sudah minta agar masyarakat terdampak segera mengungsi ke Masjid Al-Fitrah Oesapa," jelasnya.

Dia mengatakan, BPBD Kota Kupang selalu membuka call center di nomor 081239940976, dan posko di Kantor BPBD Kota Kupang selalu siaga 24 jam. Masyarakat dapat menghubungi nomor call center atau langsung datang ke Kantor BPBD. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan