Dampak Siklon Tropis 98S, Gelombang Laut Hantam Puluhan Rumah Warga Oesapa

  • Bagikan
GELOMBANG TINGGI. Tampak gelombang tinggi di pesisir Pantai Oesapa yang menghantam rumah warga, Senin (10/4). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX).

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dampak dari Bibit Siklon Tropis 98S, menyebabkan puluhan rumah warga Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang dihantam gelombang laut, Senin (10/4).

Penahanan gelombang setinggi tiga meter yang dibangun nampak tak berarti. Hantaman gelombang pun tak dapat terhindarkan oleh warga pesisir.

Muhammad Mansyur Doken alias Dewa, Ketua RT 32 Kelurahan Oesapa menjelaskan bahwa gelombang mulai dirasakan pada tanggal 8 April 2023.

Dikatakan kelombang semakin tinggi dipicu angin kencang keesokan harinya atau pada tanggal 9 April 2023.

"Pada hari ini tanggal 10 April 2023, sesuai informasi dari BMKG ada peningkatan gelombang yang masuk ke laut sawu bagian selatan yang dampaknya langsung ke Teluk Kupang," ungkap Muhammad yang juga Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Angsa Laut itu.

Masyarakat terdampak pun telah mengambil langkah antisipasi melalui KUB Nelayan Angsa Laut dengan Tim Siaga Bencana. "Jika cuaca semakin buruk maka Tim Siaga ini akan mengungsikan warga," tandasnya.

Sejauh ini, menurutnya, rumah dipesisir mengalami dampak langsung dari gelombang tinggi itu. Tetapi upaya mengungsi belum dilakukan, sambil menunggu perkembangan dari BMKG terkait cuaca buruk.

"Rumah-rumah disini sudah dihantam gelombang tapi untuk mengungsi belum," katanya menambahkan. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan