Implementasi Imago Dei, Dosen UKAW Tingkatkan Kapasitas

  • Bagikan
WORKSHOP. Prof. Dr (HC). Willi Toisuta, Ph.D saat memaparkan materinya tentang Dimensi Imago Dei dan implementasinya pada Tri Darma bagi dosen UKAW di Aula Gedung Rektorat UKAW Kupang, Sabtu (15/4). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Meningkatkan ilmu pengetahuan tidak saja bagi pelajar atau usia dan kelompok tertentu melainkan dilakukan oleh semua. Seperti halnya dilakukan para dosen di Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang.

Meski sudah menjadi dosen, belajar dan meningkatkan kapasitas sebagai pendidik terus dilakukan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama dan landasan lembaga pendidikan guna mencetak lulusan yang berlandaskan pada Imago Dei.

Peningkatan kapasitas para dosen ini dilakukan melalui Workshop dengan melibatkan seluruh dosen termasuk Rektor dan jajarannya.

Workshop kali ini mengusung tema "Dimensi Imago Dei dan implementasinya pada Tri Darma bagi dosen UKAW", dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr (HC). Willi Toisuta, Ph.D, Sabtu (15/4).

Prof Willi Toisuta, yang juga mantan rektor ketiga UKSW periode 1983-1993 itu memberikan motivasi serta berbagai pandangan tentang desain pendidikan nasional.

Ketua Yayasan UKAW Kupang, Pdt Mesach Daniel Beeh ketika ditemui disele-sela kegiatan, mengatakan, setiap organisasi atau lembaga pendidikan tinggi swasta tentu memiliki visi misi, model, landasan serta ciri khas tertentu.

Untuk UKAW Kupang, dijelaskan, memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki visi misi yang berlandaskan Imago Dei yaitu Manusia Ciptaan Tuhan. "Universitas dalam mencetak lulusan sesuai dengan akademiknya harus berlandaskan Imago Dei," katanya.

Dikatakan, untuk menerapkan Imago Dai dalam sistem akademik maka dibutuhkan implementasinya. "Kita hadirkan Prof Willi untuk menterjemahkan nilai-nilai dasarnya kepada para dosen," imbuhnya.

Menurut, Pdt Mes Beeh yang juga pendiri UKAW Kupang itu, dalam interpretasi pendidikan, manusia memiliki kapasitas dan kecerdasan yang harus dieksplor untuk membentuk manusia.

Dalam kecerdasan, ada empat kapasitas yakni kapasitas intelektual, sosial, entis dan spiritual. Kapasitas ini mesti di eksplor diwujudkan dalam kehidupan manusia sebagai karakter atau keahlian yang dimiliki seorang insan yang belajar di UKAW Kupang.

Ia berharap melalui kegiatan ini, semua dosen di lembaga pendidikan Kristen itu dapat mengikuti secara baik agar bisa diterapkan saat membentuk karakter mahasiswa.

"Maka perlu ada peningkatan kapasitas serta menyamakan persepsi para dosen dalam mengarahkan serta mewujudkan Imago Dei," tandasnya.

Pantauan Timor Ekspres, kegiatan yang berlangsung di Aula Gedung Rektorat UKAW Kupang itu diikuti ratusan dosen. (r3)

  • Bagikan